Kawasaki Bakal Fokus ke Motor Listrik Mulai 2030, Ini Alasannya

Jun 07, 2021 11:42
Kawasaki (Foto: bisnis.com)
Kawasaki (Foto: bisnis.com)

INDONESIATIMES - Produsen sepeda motor asal Jepang, Kawasaki, berencana mulai beralih dan fokus pada kendaraan hemat energi atau motor listrik. Hal itu ditargetkan Kawasaki pada tahun 2030 seluruh jajaran motornya sudah ditenagai dengan baterai.

Bukan tanpa alasan Kawasaki fokus ke motor listrik. Langkah ini dilakukan Kawasaki untuk menyesuaikan lingkungan sosial dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Melihat peminat mobil listrik makin meningkat, Kawasaki pun berencana mengembangkan motor bertenaga listrik, hybrid, dan berbahan bakar hidrogen.

Dilansir melalui Paultan, Presiden dan Chief Executive Kawasaki Heavy Industry (KHI) Yasuhiko Hashimoto mengatakan pengembangan motor listrik ini sejalan dengan visi perusahaan. Hashimoto menargetkan tahun 2030 mendatang, Kawasaki sudah mulai memproduksi motor listrik sepenuhnya.

Diketahui, saat ini Kawasaki memang tengah mengembangkan motor listrik bernama EV Endeavor. Motor ini pertama diperkenalkan pada ajang EICMA 2019 dan masih berbentuk prototipe saja.

Pihak Kawasaki sendiri belum merilis secara resmi motor tersebut. Kendati demikian, diperkirakan EV Endeavor mampu menghasilkan tenaga hingga sebesar 19 kW. 

Motor ini juga mengusung transmisi 4 percepatan untuk mengoptimalkan torsi dan akselerasi motor. Sehingga kinerjanya tak jauh berbeda dengan motor berbahan bakar bensin.

Kawasaki sangat terbuka dalam menjalin kerja sama dengan industri lain untuk pengembangan sepeda motor listrik dengan penggunaan bahan bakar alternatif dan meningkatkan teknologi hybrid. Selain itu, Kawasaki berupaya melakukan kolaborasi dengan sejumlah merek otomotif lain dalam menjual serta mempromosikan motor listrik.

Seperti diketahui, sejumlah produsen roda dua kini berlomba-lomba dalam menciptakan motor listrik. Sebut saja Harley-Davidson dengan motor LiveWire yang memiliki tenaga maksimum 55 kW dengan torsi 71 Nm atau Vespa Elettrica yang sudah dijual di Eropa dengan kecepatan maksimum mencapai 70 km/jam.

Selain fokus dalam pengembangan motor listrik, Kawasaki juga akan melahirkan anak perusahaan baru bernama Kawasaki Motors yang rencananya dibentuk pada Oktober mendatang. Perusahaan ini akan fokus pada penjualan sepeda motor di bawah naungan KHI. 

Topik
Kawasaki motorbacok istri sendirimotor listrik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru