Sensasi Makan Kudapan Roti Bakar Berwajah Tokoh Perempuan Jepang, Mau Cobain?

Jun 06, 2021 13:07
Roti bakar berwajah tokoh perempuan tradisional jepang. (Foto: Instagram @sasamana1204).
Roti bakar berwajah tokoh perempuan tradisional jepang. (Foto: Instagram @sasamana1204).

INDONESIATIMES - Mendengar kudapan roti bakar, pasti sudah biasa. Namun, roti bakar yang satu ini bukan yang biasa dijual oleh abang-abang dipinggir jalan.

Bukan pula menyuguhkan berbagai rasa, mulai dari cokelat, keju, strawberry, bluberry dan lainnya. Tapi, roti bakar yang satu ini bisa dibilang unik, sebab menyuguhkan hal berbeda.

Karena, suguhan makanan digabungkan dengan karya seni yang menarik. Manami Sasaki, desainer asal Jepang yang membuatnya. Salah satu karyanya, bahkan bertema perempuan jepang, lengkap dengan baju, aksesoris dan dandanan aslinya. Kok bisa ya?

Dari tangannya, roti bakar yang merupakan makanan pokok bagi sebagian besar orang ini mengandung unsur artistik. Manami Sasaki, memanfaatkan roti sebagai kanvas untuk membuat karya seni tetapi bisa dimakan.

Dilansir dari berbagai sumber, Manami Sasaki memanggang roti menggunakan bahan-bahan penuh warna untuk membuat desain yang dapat dimakan berdasarkan seni Jepang dan pola geometris.

Pembuatan ini cukup memakan waktu berjam-jam baginya, agar bisa memotong dan menyusun setiap bahan pada roti panggang dengan presisi yang sempurna. Desain roti panggang yang dibuatnya terinspirasi oleh cetakan balok kayu tradisional Jepang (Ukiyo-e).

Kreasi roti bakar dengan karya seni wajah yang unik. (Foto: Instagram @sasamana1204).

Salah satu karya seni roti panggangnya yang unik dan menarik adalah bergambar sosok perempuan jepang. Dia mengaku, membuat sosok ini sebagai bentuk penghormatan kepada perempuan tradisional yang kemudian ia cetak dengan menjadikannya sebagai mahakarya yang dapat dimakan.

Agar tampak mirip sosok asli perempuan jepang dengan pakaian khasnya, ia menggunakan warna dalam karyanya berupa tinta cumi-cumi untuk membuat sketsa garis besar.

Detail gambar pun juga ditambahkan bunga serta sayuran yang dapat dimakan untuk melengkapi detail dekoratif. Dalam satu lembar roti bakar, gambar perempuan dengan kimono itu terdiri dari bahan-bahan makanan.

Di antaranya, dari kubis ungu, paprika, dan lobak. Hiasan rambut gambar perempuan tersebut dibuat 3D dari jagung, sayuran hijau, dan jamur enoki.

Selain perempuan jepang, salah satu karya  miliknya ada pula yanf terinspirasi dari musim semi, ia menggunakan roti bakar, alpukat, bawang bombai, kulit jeruk, serta adas. Lalu, menyusun semua komponen itu menjadi berbagai bentuk seperti lingkaran, kotak, dan busur.

“Ada berbagai macam bentuk, rasa, tekstur, dan aroma dalam satu roti panggang. Manis dan renyahnya bawang bombai. Tekstur alpukat yang lembut dan lembut. Aroma segar jeruk dan adas manis di hidung," ungkapnya.

Kreasi roti berbentuk sepatu. (Foto: Instagram @sasamana1204).

Tak hanya roti bakar, Manami Sasaki juga membuat maha karya sepatu berbahan dasar roti tawar. Sepatu ini replika dari salah satu model brand Onitsuka Tiger, lengkap dengan isian sayuran yang biasa digunakan untuk sandwich dan lengkap dengan tali sepatu.

Masih banyak karya-karya lainnya yang disuguhkan Manami Sasaki. Di laman Istagram pribadinya @sasamana1204, selain tokoh perempuan jepang, ada pula komik, dan karakter-karakter lainnya.

Topik
perempuan jepangmanami sasakiKarya Senimanami sasaki

Berita Lainnya

Berita

Terbaru