Anak Petani Pacitan Jadi Lulusan Terbaik Program Profesi Dokter di Unisma

Jun 04, 2021 19:41
Minatul Aini, Mahasiswi Program Studi Profesi Dokter Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi lulusan terbaik pada wisuda semester ganjil tahun akademik 2020/2021 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Minatul Aini, Mahasiswi Program Studi Profesi Dokter Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi lulusan terbaik pada wisuda semester ganjil tahun akademik 2020/2021 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Minatul Aini, Mahasiswi Program Studi Profesi Dokter Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi lulusan terbaik pada wisuda semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Ia menjadi lulusan terbaik dengan nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,60 dengan predikat sangat memuaskan.

Mahasiswi asal Pacitan dan merupakan anak dari pasangan Kusnun dan Sarinah yang berprofesi sebagai petani ini menjadi lulusan terbaik pada program profesi dokter dengan lama studi 6,50 semester.

Dijelaskan Aini, jika awalnya ia tak pernah berfikir untuk menempuh studi di kedokteran, terlebih terbesit dipikirannya untuk menjadi seorang dokter pun tak pernah. Namun lantaran menurutnya merupakan sebuah takdir dan dukungan dari keluarganya, ia kemudian memberanikan diri untuk mengikuti tes beasiswa untuk masuk Fakultas Kedokteran.

"Ada dukungan dari pondok juga agar mengikuti tes. Setelah itu saya lulus dan akhirnya bisa kuliah dengan beasiswa penuh. Kalau misalkan biaya sendiri, orang tua nggak mampu karena memang kami bukan dari keluarga berada, tapi Alhamdulillah saya dapat beasiswa," bebernya.

Sementara itu, sebelum wisuda, kini Aini telah bekerja di sebuah puskesmas di daerah tempat asalnya. Dengan berbekal ilmu yang ia pelajari selama menempuh perkuliahan dan ditambah dengan pengalaman saat coass di beberapa rumah sakit, seperti di rumah sakit daerah Lawang, Malang, Sidoarjo hingga Banyuwangi membuatnya memiliki sumber daya yang berkualitas.

Namun belum berhenti di sini, dijelaskan Aini, jika ke depan dirinya mengakui ingin melanjutkan pendidikan dengan mengambil program pendidikan dokter spesialis, khususnya untuk dokter spesialis penyakit dalam.

"Tentunya ke depan ingin melanjutkan, memang belum terpikir pastinya mengambil apa (spesialis), tapi minat saya spesialis penyakit dalam," paparnya.

Sementara itu, Unisma bakal menggelar wisuda semester ganjil tahun akademik 2020/2021 secara luring. Hal itu disampaikan Wakil Rektor 1 Unisma Prof Drs H Junaidi MPd PhD, Kamis (3/5/2021).

Dijelaskannya, jika dalam wisuda ini akan diikuti 649 mahasiswa. Jumlah tersebut tidak lantas secara keseluruhan langsung diwisuda. Wisuda tersebut akan dibagi menjadi dua sesi dan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2021 dan 6 Juni 2021.

"Jumlah ini termasuk S1, S2 dan S3. 639 akan dibagi dua, sesi pertama 320 dan sesi kedua 329 peserta," jelasnya.

Dalam pelaksanaan wisuda ini, tentunya tak serta merta langsung dilakukan. Perihal perizinan juga menjadi konsen panitia untuk ditindaklanjuti guna kelancaran kegiatan wisuda. Berbagai ketentuan disanggupi utamanya untuk protokol kesehatan hingga akhirnya izin pun dikeluarkan oleh pemerintah kota.

Topik
Mahasiswa Unismaminatul ainiUniversitas Islam Malang (Unisma)pemain baru persikLulusan Terbaik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru