Bantu Orang Tua Awasi Anak, Google Punya Aplikasi "Family Link", Begini Cara Menggunakannya

Jun 04, 2021 08:55
Google Family Link (Foto: MashTips)
Google Family Link (Foto: MashTips)

INDONESIATIMES - Kecanggihan teknologi saat ini membuat semua orang bisa melakukan beberapa hal. Bahkan, melalui teknologi canggih, orang tua tak perlu lagi panik untuk mencari anaknya yang berada di luar rumah. 

Hal ini dikarenakan Google telah memiliki fitur untuk menemukan dan mengelola lokasi perangkat android si anak tersebut. Cara untuk melakukannya yakni bisa dengan memilih setelan lokasi anak. 

Jika setelan lokasi tertentu diaktifkan, nantinya memungkinkan untuk melihat lokasi perangkat android milik si anak di melalui aplikasi "Family Link".

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi tersebut yakni dengan membuka aplikasi Family Link. Lalu pilih anak Anda dan pada kartu "Lokasi", tap siapkan.

Langkah selanjutnya ialah dengan mengaktifkan setelan yang diperlukan untuk melihat lokasi anak Anda. Tap aktifkan lalu tunggu hingga 30 menit untuk melihat lokasi perangkat anak Anda. 

Selain itu kita juga bisa mengubah setelan lokasi anak dengan mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan lihat lokasi anak Anda melalui aplikasi Family Link.

Melalui aplikasi ini, orang tua juga bisa melihat histori lokasi yang pernah dikunjungi si anak. Namun fitur ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 13 tahun ke atas atau anak-anak yang orang tuanya memberikan izin agar dapat terus menggunakan akun fitur Google tersebut.

Kendati demikian, dalam penggunaan fitur Google ini, ada kemungkinan terjadi masalah seperti tidak bisa melihat lokasi si anak. Hal ini biasanya dikarenakan beberapa hal seperti, perangkat mereka dimatikan, perangkat anak tidak terhubung ke Internet, atau perangkat belum digunakan baru-baru ini.

Topik
Aplikasi pencarian lokasiFilm horor The MediumGoogle

Berita Lainnya

Berita

Terbaru