Berikut Cara Buat Google Forms Praktis lewat Laptop atau HP

Jun 03, 2021 08:12
Google Forms (Foto: Gadgetren)
Google Forms (Foto: Gadgetren)

INDONESIATIMES - Google formulir atau yang lebih dikenal dengan Google Forms adalah fitur formulir digital yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Banyak orang yang sudah menggunakannnya untuk keperluan survei atau pendaftaran sebuah acara. 

Fitur ini menjawab berbagai kebutuhan penggunanya. Berikut beberapa fungsi utama Google Forms:

1. Untuk Membuat Kuis atau Ujian Daring

Masa pandemi covid-19 membuat sistem pendidikan memang berubah. Belajar secara daring (online) ketimbang luring (tatap muka) menjadi hal yang wajar.  

Sistem baru ini sering membuat banyak pihak merasa bingung, tak terkecuali tenaga pendidik yang hendak mengadakan kuis atau ulangan bagi para muridnya. 

Nah, Google Forms ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut.  Para pendidik kini bisa menggunakan fitur ini secara gratis. Mereka bahkan bisa memakainya kapan saja, tanpa ada batas maksimal pemakaian.

Lantas, bagaimana jika ada yang mencontek karena memakai Google Forms? Tak perlu khawatir karena ada solusinya. 

Google hadir dengan lebih dari 50 fitur baru yang salah satunya dapat mendeteksi kecurangan pada saat pembelajaran, terutama saat pengumpulan tugas maupun ujian. 

2. Penyedia Formulir Daring Gratis 

Fungsi lain dari Google Forms yakni menyediakan formulir daring secara gratis yang bisa digunakan siapa saja. Pengguna dapat menggunakannya untuk pendataan warga, survei, data penelitian, pendaftaran, atau keperluan lainnya. 

Selain itu, Google Forms memiliki fitur untuk menyimpan data formulir yang telah diisi. Fitur ini juga yang menjadi kelebihan dibandingkan  formulir dalam bentuk kertas (hardfile) yang bisa saja terselip atau hilang. 

Mengguanakan formulir elektronik akan memudahkan pencarian data. Informasi akan tersimpan otomatis pada server yang dimiliki Google. Jadi, layanan Google Forms lebih praktis, mudah, nyaman, aman, dan gratis. 

Cara Buat Google Forms Pakai PC atau Laptop 

Membuat Google Forms tentu sangat mudah. Pengguna bisa memakai PC atau laptop untuk membuatnya. 

Pastikan kamu memiliki jaringan internet yang stabil sehingga dalam proses pembuatan tersebut tidak ada gangguan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, buka browser pada laptop atau PC. Lalu, mulai akses web dari Google Forms tersebut. 

Pastikan kamu sudah masuk ke akun Gmail yang kamu miliki. Nantinya akun Gmail itu yang akan dihubungi admin dari Google Forms (Gforms) tersebut. 

2. Setelah berhasil mengakses web Gforms, kamu bisa memilih template (tema) formulir yang akan kamu buat. Namun, template itu tidak wajib. Jika kamu tidak menginginkannya, maka bisa memilih blank atau tanpa tema. 

3. Selanjutnya, kamu dapat mengisi bagian judul dan deskripsi singkat formulir Google. Judul dan deskripsi itu menjadi hal yang penting karena memberikan informasi kepada mereka yang mengakses formulir tersebut. 

4. Selanjutnya mulai membuat pertanyaan yang akan muncul di formulir tersebut. Selain mengisi dengan pertanyaan, kamu juga bisa mengatur berbagai opsi jawaban. 

Untuk menambahkan pertanyaan, kamu bisa klik simbol plus (+). Secara otomatis kamu bisa menambahkan pertanyaan pada formulir. 

5. Jika semua pertanyaan dan opsi jawaban sudah dibuat, bisa langsung klik pilihan “send” yang terdapat pada sisi kanan atas. Kemudian kamu juga bisa memilih opsi untuk membagikan Google Forms tersebut di beberapa media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, ataupun aplikasi lainnya. 

Cara  Buat Google Forms Menggunakan HP 

Selain menggunakan PC atau laptop, Gforms juga bisa dibuat melalui telepon selular atau HP, baik android maupun iOS. Kamu akan diminta mengunduh aplikasi FormsApp atau G-Froms terlebih dahulu. 

Berikut langkah-langkahnya:

1. Setelah mengunduh aplikasi FormsApp atau G-Froms, kamu bisa langsung menggunakannya dan tekan “Grant Permission” untuk mengaksesnya. 

2. Setelah itu, masuk menggunakan akun Google yang kamu miliki. 

3. Selanjutnya, kamu bisa langsung membuat form Google dengan tekan simbol plus (+) yang biasanya terletak pada sudut bawah aplikasi tersebut. 
4. Seperti pada cara membuat Google formulir menggunakan PC atau laptop, pengguna juga bisa memilih template sesuai  keinginan kamu. Jika tidak ingin menggunakan template, bisa memilih tema “blank forms” dan mengatur sendiri formulir yang akan kamu buat. 

5. Jika sudah memilih template,  melanjutkannya dengan membuat isi dari formulir tersebut. Kamu bisa mulai menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu ajukan. Kamu juga bisa mengatur opsi respon jawaban untuk setiap pertanyaan yang sidah dibuat. 

6. Jika semua pertanyaan dan opsi jawabannya selesai, kamu bisa langsung melanjutkan dengan menuliskan judul serta deskripsi singkat dari Gforms tersebut. Judul dan deskripsi akan mempermudah responden mengenali tujuan dari formulir yang akan mereka isi. 

7. Setelah 6 langkah di atas selesai, lanjutkan dengan klik “submit” untuk mengakhiri proses pembuatan Gforms. Kamu akan diminta untuk mengisi dengan cara menandai beberapa pilihan yang terdapat pada pengaturan formulir. 

Selain itu, kamu juga bisa menandai sesuai dengan yang diinginkan, kemudian tekan “submit” kembali. 

8. Jika sudah selesai, kamu bisa langsung membagikan Google Forms tersebut kepada teman, keluarga, atau membagian melalui sosial media seperti WhatsApp, Twitter, atau Facebook.

Topik
Membuat Google FormsGoogle formulirSejarah bursa efek

Berita Lainnya

Berita

Terbaru