Penampakan Truk Pertama di Dunia, Dibuat Tahun 1896

Jun 01, 2021 14:28
Penampakan truk pertama di dunia (Foto: Daimler AG)
Penampakan truk pertama di dunia (Foto: Daimler AG)

INDONESIATIMES - Truk adalah kendaraan niaga besar yang dijadikan andalan untuk mengangkut barang. Truk-truk yang ada di jalanan sekarang ini menggunakan konfigurasi mesin yang lokasinya di depan. 

Namun tahukah kalian jika truk pertama di dunia justru pakai mesin yang letaknya di belakang? Melansir melalui laman Daimler, truk pertama di dunia diciptakan oleh Gottlieb Daimler

Penemu asal Jerman tersebut sebelumnya dikenal sebagai pembuat sepeda motor dan mobil pertama di dunia. Truk pertama di dunia ini dibuat Daimler pada tahun 1896. 

Penampakan truk pertama di dunia

Truk tersebut menggunakan mesin 'Phoenix' 1.006cc, berkonfigurasi 2 silinder, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 4 dk dan mengonsumsi bahan bakar 6 liter per 100 km. Mesin itu diletakkan pada bagian belakang dan posisi pengemudi tetap di depan dengan tempat duduk seperti kereta kuda.

Namun, seiring berjalannya waktu Daimler pun melakukan sedikit perombakan di mesin truk buatannya. Pada 1898, ia bersama Wilhelm Maybach menggeser mesin Phoenix yang tadinya di belakang menjadi di depan, tepatnya di bawah jok pengemudi.

Penampakan truk pertama di dunia

Meski sudah ditemukan sejak 1896, masih perlu waktu bertahun-tahun untuk memasarkan truk pertama buatan Daimler itu. Hingga pada akhirnya tahun 1901, truk Daimler tersebut mulai diterima oleh sebuah industri di Inggris dan kendaraan niaga itu membuktikan keunggulannya dari kereta api bertenaga uap. 

Kala itu, truk Daimler juga diterima dengan sangat baik di Prancis. Kemudian, generasi ke-2 truk Daimler yang diproduksi tahun 1899 hingga 1903 terdiri dari tipe dasar, dengan kapasitas muatan antara 1,25 dan 5,0 ton. 

Di mana mesin 2 silinder dan 4 silinder, dengan output tenaga 4 dk hingga 12 dk sudah sangat cukup pada masa itu. Pada 1905 Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) memiliki beberapa lini kendaraan niaga, mulai dari light van dengan 3 kelas muatan, 500 kg, 1000 kg, hingga muatan 1500 kg, yang dibekali mesin 2 silinder dengan tenaga 8 dk hingga 16 dk. 

Terdapat pula mesin 4 silinder dengan tenaga 16 dk hingga 35 dk untuk kelas berat, dengan muatan 2 hingga 5 ton.

Topik
gottlieb daimlersepeda motor dan mobil pertama duniasepeda motor dan mobil pertama duniasejarah motor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru