3 Cara Mudah Menggunakan Fitur Edit Baru di Google Photos

May 29, 2021 08:07
Google Photos (Foto: Business Insider India)
Google Photos (Foto: Business Insider India)

INDONESIATIMES -Google baru saja memperkenalkan fitur pengeditan baru untuk aplikasi Google Photos. Fitur terbaru tersebut mencakup peningkatan pada pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan antarmuka pengguna.

Aplikasi ini juga memiliki kontrol manual yang lebih terperinci. Melansir melalui laman Android Central, berikut cara menggunakan fitur-fitur baru di Google Photos untuk membuat gambar pengguna menjadi lebih menarik.

1. Menggunakan fitur pengeditan kontrol manual

Buka aplikasi Google Photos > ketuk pada foto apa pun yang ingin diedit > ketuk pada alat pengeditan di bagian bawah layar > gulir ke samping melalui berbagai mode pengeditan seperti Crop, Adjust, dan Filters > ketuk salah satu mode pengeditan seperti Adjust.

Kemudian, gulir melalui alat kontrol seperti Brightness, Contrast, White Point, Highlights, Shadows, Black Point, Saturation, Warmth, Tint, Skin tone, Blue tone, Pop, dan Vignette.

Pengguna juga bisa mengetuk salah satu mode pengeditan seperti Brightness, jika ingin mengatur kecerahan gambar.

Pindahkan penggeser untuk menyesuaikan gambar sesuai dengan selera dan ketuk Done setelah selesai. Anda dapat memilih mode lain untuk menyesuaikan dan mengulangi prosesnya, lalu klik Save untuk menyimpan hasil pengeditan.

2. Menggunakan fitur pengeditan Portrait Lighting Effects

Mode pengeditan baru ini bisa dibilang paling menarik. Dengan bantuan AI dan pembelajaran mesin, pengguna Google Photos dapat membuat penyesuaian dengan efek pencahayaan dan potret setelah bidikan diambil.

Selain Kontrol Manual, pencahayaan potret akan mudah diakses di menu pengeditan. Untuk menggunakan fitur ini, pilih foto potret dan ketuk alat pengeditan di bagian bawah layar > gulir melalui mode editing dan ketuk Adjust > ketuk opsi Portrait Light.

Gunakan penggeser di bagian bawah untuk memilih tingkat pencahayaan potret yang optimal atau ketuk otomatis. Pengguna bisa menggeser lingkaran di sekitar potret wajah untuk melihat di mana efek pencahayaannya > jika sudah selesai, klik Done > Save Copy untuk menyimpan hasil gambar.

3. Menggunakan fitur pengeditan AI Suggestions

Salah satu peningkatan terbaik untuk aplikasi Google Photos yakni fitur AI Suggestions. Google Photos sekarang lebih konsisten dalam menampilkan saran yang menurut AI akan meningkatkan foto, di mana saran itu bisa diterima, ditolak, atau diterima dengan penyesuaian tambahan pengguna.

Untuk menggunakan fitur AI Suggestions ini, buka aplikasi Google Photos > ketuk foto apa saja yang ingin pengguna edit > ketuk pada alat pengeditan di bagian bawah layar dan pengguna akan melihat slider alat pengeditan di bawah layar dengan beberapa saran AI di atasnya yang mencakup Enhance, Warm, dan Cool. Ketuk pada salah satu opsi tersebut.

AI pada Google Photos akan secara otomatis menerapkan apa yang menurutnya tepat. Seperti pencahayaan dan filter pewarnaan untuk membuat gambar pengguna terlihat lebih baik.

Lalu jika menyukai hasil saran tersebut, ketuk Save. Jika tidak, pengguna bisa bereksperimen dengan tombol Warm dan Cool atau coba fitur Kontrol Manual yang lebih terperinci.

Topik
Googlegoogle onecara edit fotoabdee slankDunia teknologi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru