Kisah "Para Pengkhianat" Nabi dalam Sejarah Islam (7)

Kisah Pengkhianatan Istri Nabi Luth sehingga Binasa Bersama Kaum Sodom

May 24, 2021 08:23
Ilsutrasi (Foto: Pengetahuan Islam)
Ilsutrasi (Foto: Pengetahuan Islam)

INDONESIATIMES - Perjuangan para nabi untuk menyebarkan agama Islam tidaklah mudah. Mereka harus harus menghadapi berbagai cobaan. Salah satunya menghadapi para pengkhianat. 

Pengkhianat nabi kali ini dari kalangan istri. Ternyata tak cuma istri Nabi Nuh yang berkhianat dalam perjalanan sejarah Islam. Selain istri Nabi Nuh, istri  Nabi Luth juga dianggap berkhianat kepada sang nabi. Menurut Alquran, istri Nabi Luth tak mampu menjaga rahasia dan ingkar terhadap suaminya. 

Lantas apa yang dilakukan istri Nabi Luth? Diceritakan, Nabi Luth merupakan keponakan Nabi Ibrahim. Kala itu, ia bermukim di wilayah Sodom (masuk wilayah Yordania). 

Wilayah tersebut adalah tempat  kali pertama  perilaku homoseksual yang menyimpang dari ajaran agama. Kaum laki-laki akan menyukai laki-laki. Begitu juga kaum perempuan, akan menyukai perempuan.

Atas dasar itu, Nabi Luth diutus Allah SWT untuk memperbaiki perilaku kaum Sodom yang menyukai sesama jenis, melakukan seks bebas, dan berbagai tindakan kriminal lainnya. Nabi Luth diminta untuk menuntun penduduk Sodom agar menyudahi kebiasaan yang melampaui batas tersebut. 

Namun, upaya dakwah beliau tidak diterima oleh penduduk Sodom. Beliau bahkan dianggap sok suci dan menggurui. 

Hingga akhirnya, Nabi Luth  memohon pertolongan dan menyerahkan persoalan ini kepada Allah SWT. Allah SWT  pun mengutus dua malaikat untuk pergi bersamanya. 

Mereka menyamar menjadi laki-laki rupawan dan datang ke rumah Nabi Ibrahim. Kedua malaikat itu menyampaikan dua kabar kepada Nabi Ibrahim. Pertama  soal kelahiran Nabi Ishaq. Kemudian, mereka juga mengatakan akan menuju ke wilayah Sodom untuk menimpakan azab dari Allah SWT. 

Mengetahui hal itu, Ibrahim mengtakan bahwa wilayah tersebut adalah tempat tinggal Nabi Luth. Namun, malaikat yang menjelma sebagai manusia itu meyakinkan kepada Nabi Ibrahim bahwa Nabi Luth beserta keluarga yang beriman akan diselamatkan Allah SWT. 

Tak lama, dua malaikat itu menuju Sodom dan langsung bertemu Nabi Luth. Mereja datang diam-diam tanpa sepengetahuan kaum Sodom yang tentu mengganggu mereka karena tidak bisa melihat lelaki rupawan.

Istri Nabi Luth lalu melihat dua laki-laki tampan itu di rumahnya. Ia seakan tak peduli dengan perintah Nabi Luth  yang memintanya untuk merahasiakan kedatangan tamunya itu. 

Menurut Tafsir Jalalain, isti Nabi Luth yang bernama Wa’ilah itu tidak berbeda dengan kaum Sodom pada umumnya. Wa’ilah pun berkhianat dan membocorkan bahwa ada dua laki-laki tampan di rumahnya kepada kaum Sodom. 

Perempuan itu bahkan mengambil uang dari mereka sebagai bentuk pertukaran dengan informasi tersebut. Masyarakat Sodom kemudian datang menyerbu rumah Nabi Luth untuk bertemu dengan dua malaikat itu dan berharap bisa melampiaskan syahwat menyimpangnya. 

Melihat hal ini, Nabi Luth dan pengikutnya diperintahkan untuk meninggalkan kaum tersebut dan tidak pernah menengok ke belakang. Sang istri juga diajak. 

Namun lagi-lagi sang istri  berkhianat. Dia menoleh ke belakang dalam perjalanan dan memilih tinggal bersama kaum Sodom. Allah SWT kemudian mendatangkan bencana besar kepada kaum tersebut. 

Bumi seakan dibalik dengan adanya gempa, angin, hingga hujan batu. Semua orang pun mati terkubur, termasuk istri Nabi Luth. 

Allah SWT menegaskan perilaku tidak terpuji istri Nabi Luth tersebut dalam ayat sebagai berikut: "Kecuali Luth beserta pengikut-pengikutnya. Sesungguhnya Kami akan menyelamatkan mereka semuanya, kecuali istrinya. Kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (bersama-sama dengan orang kafir lainnya).” (QS. Al-Hijr ayat 59-60).

Topik
kisah islamisejarah islamKonflik Palestina Israel

Berita Lainnya

Berita

Terbaru