Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Disnaker-PMPTSP: Sementara 18 PMI yang Sudah Datang di Kota Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - May - 2021, 20:08

Kedatangan salah satu PMI (pekerja migran Indonesia) yang disambut keluarga dan petugas kesehatan di safe house Jalan Kawi, Kota Malang,Minggu (2/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Kedatangan salah satu PMI (pekerja migran Indonesia) yang disambut keluarga dan petugas kesehatan di safe house Jalan Kawi, Kota Malang,Minggu (2/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Momentum  Ramadan 1442 Hijriah hingga pada masa  libur Lebaran 2021 dimanfaatkan para pekerja migran Indonesia (PMI) untuk kembali ke daerah asalnya, termasuk ke Kota Malang. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang Erik Setyo Santoso mengatakab, berdasarkan rekapan yang dimiliki, PMI dari berbagai negara yang telah datang di Kota Malang sementara ini mencapai 18 orang. 

"Dari rekapan kami, pada periode  April sampai  Mei 2021, terdapat 18 orang PMI yang sudah datang di Kota Malang. Setiap hari kami terus memantau," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Kamis (20/5/2021). 

Pejabat yang gemar berolahraga ini menambahkab,  para PMI dari berbagai negara yang akan masuk ke Kota Malang akan terus bertambah hingga akhir Mei 2021.  “Diinfokan oleh pihak provinsi, nggak bisa memastikan (terakhir PMI masuk ke Kota Malang, red). Bahkan mungkin sampai akhir Mei. Itu pesawat masih ada tiga, ada empat. Tapi beberapa hari ini nggak ada PMI dari Kota Malang,” ujarnya. 

Terkait SOP (standard operational procedure) kesehatan bagi 18 orang PMI yang telah masuk ke Kota Malang,  Erik mengatakan mereka sebelumnya telah menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Fan ketika sampai di Kota Malang, mereka juga menjalani karantina di safe house Jalan Kawi selama tiga hari. 

Setelah menjalani karantina di safe house Jalan Kawi, para PMI menjalani swab PCR (polymerase chain reaction). Jika hasilnya negatif covid-19, para PMI diperbolehkan pulang. Namun jika positif covid-19 PMI, yang bersangkutan harus menjalani perawatan intensif oleh petugas kesehatan.  Namun dari hasil pemeriksaan swab PCR,  18 PMI tersebut semuanya negatif covid-19. 

Ke-18 PMI datang di Kota Malang tercatat mulai  28 April 2021 sampai 12 Mei 2021. Rinciannya,  16 berjenis kelamin perempuan dan dua laki-laki. 

Untuk asal negara tempat 18 PMI berasal,  dari Hongkong sebanyak tujuh orang,  Singapura  enam orang, dan dari Malaysia  lima orang. 

Ke-18  PMI tersebut mulai dilakukan penjemputan oleh pihak keluarga sejak 4 Mei 2021 hingga yang paling terbaru pada 18 Mei 2021.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni