Bak Susu Strawberry, Danau di Australia Ini Berwarna Pink

May 15, 2021 06:30
Danau Hillier. (Foto: Instagram @bitividi_tr).
Danau Hillier. (Foto: Instagram @bitividi_tr).

INDONESIATIMES - Berbicara danau, pasti kebanyakan yang terlintas di benak sebagian orang adalah warna air kehijauan atau kebiruan dengan didukung pemandangan yang mumpuni.

Namun, hal berbeda ditunjukkan dari salah satu destinasi wisata dengan keindahan danau di negara Australia. Ya, dikenal sebagai salah satu benua dengan sejuta pesona, wilayah ini tak kalah sukses membuat kagum para wisatawan dengan bentangan alam yang memikat.

Saking memikatnya, negara ini mempunyai sebuah danau yang tak hanya mengagumkan, tapi juga unik. Keunikan itu terletak pada warna danau yang berwarna pink.

Danau Hillier namanya, bak susu statwberry yang luluh lantak dan sukses membuat siapapun terpana dengan pesona keindahannya.

Berada di Middle Island, sebuah pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Recherche yang terletak di pesisir selatan, Australia Barat. 

Danau ini ditemukan pertama kali pada Januari 1802, oleh Mathew Flinders yang merupakan seorang navigator Inggris. Dia pula yang memberi nama danau ini dengan nama Hillier. Terinspirasi dari nama seorang kru bernama William Hiller yang meninggal dunia karena disentri ketika berlabuh di pulau ini.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab danau ini berwarna pink. Banyak para ilmuwan, hingga kini hanya menduga-duga saja. Mulai dari dugaan karena mikroalga Dunaliella salina.

Ada juga yang menduga warna pink pada danau Hiller ini karena kemunculan bakteri halofilik yang terdapat dalam kerak garam. Tapi, yang dapat dipastikan, danau pink ini aman untuk kulit manusia.

Sayangnya, meski terlihat segar bagaikan susu strawberry, air danau warna pink yang berukuran 600 x 250 meter persegi ini tak dapat diminum atau dibuat berenang. Artinya jika wisatawan ingin berkunjung, cukup bisa menikmati suasana keindahan alam dan update foto deh.

Topik
danau unikdanau unik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru