Seramnya Makam Prodeo, Tempat Pemakaman Mr X hingga Korban Mutilasi di Kota Malang

May 11, 2021 12:49
Lokasi makam korban mutilasi di Pasar Besar yang berada di makam Prodeo TPU Sukorejo, Kota Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Lokasi makam korban mutilasi di Pasar Besar yang berada di makam Prodeo TPU Sukorejo, Kota Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tidak semua jenazah yang dikubur di makam punya identitas. Di Kota Malang, makam yang tidak ada identitasnya dan dikenal dengan makam Mr.X ini dinamakan Makam Prodeo. Makam tersebut terletak pada blok 5, yang ada di kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sukorejo, Jodipan, Blimbing, Kota Malang. 

Selain merupakan makam orang-orang tak dikenal, makam tersebut juga mempunyai keunikan lain. Keunikannya hanya memiliki satu nisan saja pada semua makamnya dan juga pada nisan makam hanya bertulisankan sebuah angka atau sandi.

Penasaran dengan makam tersebut, jurnalis MalangTIMES mengunjungi pemakaman orang tak dikenal itu. Makam tersebut berada di sebelah kiri makam TPU Sukorejo yang terbagi menjadi dua komplek pemakaman. 

Makam Prodeo berada pada komplek pemakaman sebelah kiri, jika berjalan dari arah utara menuju selatan. Begitu memasuki kompleks pemakaman, sudah terlihat jelas kepadatan makam yang ada di lokasi TPU tersebut.

Dari pintu masuk kompleks makam, kalian yang ingin mengetahui .pemakaman prodeo harus masuk berjalan sekitar 600 meter dan belok ke arah kiri kemudian lurus menuju lokasi paling pojok dari pemakaman dan kalian akan sampai di lokasi pemakaman Prodeo.

Suasana asri dan sejuk memang masih terasa di lokasi tersebut, ditambah lagi berbatasan langsung dengan sungai. Namun suasana sedikit ngeri-ngeri sedap dan seram memang masih terasa kental di lokasi makam Prodeo. 

Begitu lebih dalam menuju ke lokasi pemakaman, memang jalannya banyak ditumbuhi semak-semak belukar dan juga rerimbunan pohon bambu. Di situ akan dijumpai banyak batu-batu nisan dari makam-makan yang terlihat telah kusam, yang artinya telah lama dimakamkan.

Bukan saling berjauhan seperti makam-makam lainnya. Batu-batu nisan di makam tersebut nampak saling berdekatan dan berjajar, informasinya jenazah para Mr.X ini memang dimakamkan berdekatan dan ada juga yang dimakamkan dalam lubang kubur yang sama. 

Makam-makam Mr.X yang terlihat memang tak banyak. Namun rupanya makam lainnya banyak yang tertutup oleh rerimbunan semak-semak liar dan ada juga yang tertimbun oleh robohan ranting-ranting bambu yang memang banyak berada di lokasi makam. 

Dilihat dari kondisi nisan yang kusam, memang makam-makam telah banyak yang dimakamkan dalam waktu yang cukup lama.

Pada batu nisan sendiri, memang hanya terlihat sebuah tulisan angka tanpa tulisan nama yang jelas. Namun di sana ada juga yang terdapat batu nisan dengan nama jelas, namun dari informasinya, jenazah mereka tak diakui oleh keluarganya.

Di pemakaman Prodeo sendiri, juga terdapat makam korban mutilasi Sugeng Santoso yang dulunya sempat menghebohkan masyarakat secara nasional. Jenazah korban mutilasi Sugeng Santoso, sampai saat ini memang belum terungkap identitasnya, sehingga iapun akhirnya dimakamkan di lokasi pemakaman Prodeo.

Lokasi makam korban mutilasi Sugeng Santoso itu informasinya berada di bawah sebuah pohon. Namun saat ini, makamnya tak terlihat lagi lantaran tertutup oleh semak-semak liar.

Kepala UPT Pengelolaan Pemakaman Umum (PPU) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Takroni Akbar, membeberkan jika memang di lokasi pemakaman prodeo, hanya menggunakan satu batu nisan saja. Hal ini karena memang biaya pemakaman ditanggung oleh pihak PPU. 

"Sehingga, karena memang keterbatasan anggaran kami, maka hanya menggunakan satu batu nisan," ungkapnya, saat ditemui jurnalis MalangTIMES.

Dijelaskannya lebih lanjut, untuk registrasi atau pendataan jenazah mr.x pihaknya memang sengaja memberikan sandi angka pada batu-batu nisan. Hal itu bertujuan, bilamana suatu hari terdapat orang yang mencari makam keluarganya yang telah meninggal, bisa didapatkan gambaran dengan mudah.

"Biar kita mudah mengidentifikasi, makanya kita berikan nomor, kita catat tanggal pemakamannya. Dulu pernah ada orang yang mencari ke sini, akhirnya bisa ditemukan dilihat dari tanggalnya. Akhirnya jenazah yang bersangkutan dipindahkan oleh keluarganya dari makam prodeo," ungkapnya 

Sementara itu, mengenai jumlah yang dimakamkan di lokasi pemakaman bertiup pihaknya tidak mengetahui pasti jumlahnya. Namun yang jelas jumlahnya cukuplah banyak. Jenazah para Mr.x ini ada juga yang dimakamkan secara tumpangan. 

"Setelah beberapa tahun, bila ada jenazah lagi, memang ada makam yang ditumpangi. Hal ini lantaran memang lahan makam semakin padat," bebernya.

Topik
Makam Prodeo Sukorejomakam ngeriMakam Prodeo di Kota Malangmakam ngeriDLH Kota MalangTakroni Akbar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru