4 Bacaan Dzikir Singkat tapi Memiliki Nilai Keutamaan Tinggi!

May 11, 2021 09:12
Dzikir (Foto: umma.id)
Dzikir (Foto: umma.id)

INDONESIATIMES -  Dzikir merupakan salah 1 bentuk ibadah yang mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan mengucap kalimat dzikir, menjadi cara kita untuk selalu mengingat Allah SWT dan segala keberkahan yang sudah diberikan.

Berdzikir juga menjadi cara untuk memohon ampun atas kesalahan yang sudah diperbuat. Meski memiliki kalimat pendek, namun dzikir memberikan banyak keuntungan, salah satunya ialah ketenangan. 

Dengan hati yang tenang, hidup pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Diketahui, ada banyak jenis bacaan dzikir yang bisa dilafalkan. 

Masing-masing memiliki arti dan keutamaannya sendiri. Namun, biasanya dzikir dibaca setelah melaksanakan salat agar menyempurnakan doa-doa. 

Dzikir juga bisa dibaca saat kamu senggang agar setiap waktu yang terlewati menjadi lebih berharga. Perlu diketahui juga, ada beberapa dzikir yang memiliki nilai keutamaan tinggi di hadapan Allah SWT. 

Berikut 4 macam dzikir singkat yang punya nilai keutamaan tinggi:

Dalam surat Al-Baqarah dijelaskan anjuran untuk berdzikir, Allah SWT berfirman: "Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu" (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Dalam berdzikir pula kamu bisa menambahkan beberapa bacaan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Allah SWT. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits nabi yang berbunyi:

"Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘Ucapan yang paling dicintai oleh Allah ada empat hal yaitu, subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. Keempat kalimat ini boleh dimulai sesuai yang ia kehendaki." (HR. Imam Muslim).

Ke-4 bacaan dzikir tersebut dijelaskan menjadi kalimat yang dicintai oleh Allah SWT. Lafalkan kalimat tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar semakin mendekatkan hati kepada Allah. 

Menurut Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa keempat dzikir ini yaitu subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. Bacaan dziki itu menyimpan ajaran tauhid dan bentuk pujian dan ungkapan syukur kepada Allah SWT.

1. "Subhanallah"
Artinya: Maha Suci Allah

2. "Wal hamdulillah"
Artinya: Segala puji bagi Allah.

3. "Wa la ilaha illallah"
Artinya: Tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah.

4. "Allahu akbar"
Artinya: Allah Maha Besar.

Keutamaan dzikir

Dalam melafalkan dzikir, ada juga beberapa keutamaan yang bisa dirasakan. Tentul hal ini sangat bermanfaat untuk kehidupanmu di dunia maupun akhirat:

1. Tercukupi segala sesuatu

Dengan berdzikir, maka segala sesuatu yang dibutuhkan oleh umat Muslim akan tercukupi. Allah SWT akan memenuhi atas segala yang umatnya butuhkan entah dalam wujud atau apapun yang bahkan terkadang tidak disadari.

2. Menjadi surga

Dari Syaddad bin Aus RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari)

Hadits itu juga menjelaskan bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir maka ia akan menjadi penghuni surga.

3. Diridhoi Allah SWT

Dalam sebuah riwayat, dzikir yang senantiasa dilantunkan baik pagi, siang, maupun malam hari menjadikan seseorang mendapat ridho Allah SWT di hari kiamat nanti. Dengan ridha Allah SWT, artinya dosa seorang muslim akan terampuni serta dimudahkan jalannya untuk menuju surga.

4. Dapat predikat orang terbaik di hari kiamat

Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu." (HR. Muslim)

5. Diberi kebaikan berkali-kali-lipat

Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan An-Nasa'i dari hadist Abu Ayyub Al-Abshari RA, bahwa Rasulullah menyebutkan apabila seseorang membaca dzikir berikut sebanyak 10 kali:

Laailaaha Illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahulmulku walahul hamdu wahuwa alakulli saiin qadir

Artinya: "Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu."

Topik
Allah SWTpr ayunda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru