Bisakah Meningitis Disembuhkan? Ini Penjelasannya

May 14, 2021 01:00
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

MALANGTIMES - Meningitis atau peradangan otak menjadi salah satu penyakit yang dinilai cukup berbahaya. Hampir sebagian penderitanya tak ada harapan sehat.

Sekitar 50 persen penderita meningitis meninggal. Dan jika selamat, akan mengalami kecacatan atau keterbelakangan. Lantas, akankah penyakit ini bisa disembuhkan?

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, hal itu bergantung pada kondisi si penderita. Bila diketahui lebih awal, gejala yang tak terlalu berat, maka langkah penyembuhan bisa dilakukan.

"Kalau terdeteksi di awal, bisa (sembuh). Artinya, dengan gejala-gejala yang mungkin masih bisa dirasakan tidak terlalu berat itu, bisa untuk diberikan penatalaksanaan yang lebih awal," jelasnya.

Karena itu, untuk pencegahannya, seorang tetap harus berperilaku hidup sehat. Kemudian, menerapkan etika batuk dengan menutup mulut atau hidung ketika batuk dan bersin.

Lalu, hindari mencium bayi dengan mulut, hindari seorang yang terinfeksi virus berulang (flu berulang-ulang), dan hindari polusi seperti asap rokok dan asap dapur.

Cara lainnya yakni dengan pemberian vaksinasi dan imunisasi. Di antaranya, rutin imunisasi: BCG, DTP, campak, Hib, influenza hingga vaksinasi pneumokokus: PCV 7 dan PCV 13.

Sementara terkait vaksinasi meningitis sendiri, dikatakan Husnul, biasa dilakukan manakala seseorang akan bepergian ke luar negeri. Atau ke tempat yang banyak kasus-kasus meningitis, seperti  Arab Saudi.

"Saat mau umrah atau haji, itu kita wajib vaksin meningitis. Ataupun kita mau ke negara-negara Afrika, kita bisa melindungi diri, memprefentifkan diri dengan melakukan vaksinasi. Dan vaksinasi meningitis itu bisa bertahan sampai 2 tahun," tandasnya.

Topik
Penyakit MeningitisCara berdoa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru