Masjid Badshahi yang Kemegahannya Sudah Terlihat dari Jarak 16 Km, Pernah jadi Pangkalan Militer

May 15, 2021 20:13
Masjid Badshahi (Foto: TNS World)
Masjid Badshahi (Foto: TNS World)

INDONESIATIMES - Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim. Beberapa bangunan masjid pun dibangun dengan megah. 

Salah satunya yakni, sebuah masjid yang ada di Pakistan. Bahkan, saking besarnya, Taj Mahal sampai terlihat sangat kecil jika dibandingkan dengannya.

Masjid tersebut ialah Masjid Badshahi yang berada di kota Lahore, Pakistan. Masjid Badshahi disebut bisa menampung hingga 100 ribu jemaah.

Bahkan, masjid ini pernah dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia selama 313 tahun loh. Dalam bahasa Persia Badshahi berarti Masjid Sang Raja. 

Diketahui, masjid ini memang  didirikan oleh Raja Mughal ke-6 bernama Aurangzeb Alamgair, putra pembangun Taj Mahal, Raja Shah Jahan. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1673 Masehi.

Badshahi adalah sebuah masjid yang begitu besar dan megah, sampai-sampai kemegahannya sudah terlihat dari jarak 16 km. Menaranya pun menjulang lebih tinggi 4,2 meter dari podium utama Taj Mahal.

Keindahannya juga terlihat dari 3 kubah besar warna putih didampingi 8 menara setinggi 60 meter di berbagai sudut. Sedangkan untuk ruang salat terbagi menjadi 7 bagian dengan menggunakan lengkungan multifoil yang didukung oleh pilar-pilar berat.

Sementara, dinding Masjid Badshahi dibangun dengan bata-bata kecil yang dibakar tapi memiliki finishing batu pasir merah. Ada pula hiasan yang ditambah ornamen di setiap sisi tembok membuat pesona Masjid Badhsahi ini bertambah indah.

Pada zaman dahulu, saat perang saudara antar India dan Pakistan, orang Sikh merebut masjid ini. Lalu, mereka menjadikannya pangkalan militer dan kandang kuda. 

Menaranya bahkan sampai dijadikan tempat menembak jitu selama berpuluh-puluh tahun. Hingga akhirnya setelah tahun 1947, Pakistan memerdekakan diri. 

Masjid Badshahi akhirnya direnovasi dan digunakan sebagai tempat ibadah. Badhsahi merupakan masjid terbesar di era Mughal dan masjid terbesar ke-3 di Pakistan setelah Masjid Grand Jamia di Karachi dan Masjid Faisal di Islamabad. 

Topik
masjid bersejarahsejarah islammasjid pakistanmengganti puasa ramadan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru