Tradisi Lebaran Khas di Indonesia, Nomor 9 Tak Semua Muslim Bisa Merasakan Tahun ini

May 13, 2021 06:45
Ketupat (Foto: Rukita)
Ketupat (Foto: Rukita)

INDONESIATIMES - Idul Fitri merupakan hari raya yang dirayakan oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak tradisi Idul Fitri yang khas dan selalu dilaksanakan.

Lantas, apa saja tradisi itu? Yuk lihat apa saja tradisi Lebaran khas di Indonesia.

1. Ketupat

Di Indonesia sendiri, perayaan Lebaran tak bisa lepas dari kehadiran Ketupat. Bahkan hampir di setiap rumah akan menyajikan kuliner khas ini di hari raya Idul Fitri. 

Ketupat akan dilengkapi dengan berbagai lauk seperti opor, rendang, sambal goreng, dan lainnya.

2. Salam Tempel

Tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah tradisi "salam tempel". Dimana anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan membagi-bagikan amplop berisikan THR kepada anak-anak kecil. 

Momen pembagian THR ini biasanya selalu ditunggu oleh anak-anak saat Idul Fitri tiba.

3. Baju Baru

Sebagian orang membeli baju baru merupakan momen yang sering dilakukan saat hari raya Lebaran. Bahkan, memasuki bulan Ramadan sudah banyak promo-promo Lebaran dimana mereka akan berburu baju baru untuk Lebaran.

4. Parcel Lebaran

Parcel Lebaran juga menjadi salah satu tradisi Idul Fitri yang cukup populer di Indonesia. Dimana orang-orang  membagikan bingkisan kepada sanak-saudara atau kerabat yang merayakan Idul Fitri. 

Isi dari parcel Lebaran itu seperti minuman dan makanan ringan khas Idul Fitri. Namun tak jarang ada pula orang yang berkreasi dengan parcel Lebaran yang berisi hal-hal unik lainnya.

5. Takbiran

Takbiran merupakan salah satu tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya yang berlangsung pada malam hari menjelang hari Lebaran. Orang-orang akan berkeliling mengumandangkan takbir sembari menabuh beduk dengan meriah. 

Pawai takbiran ini bisa berbeda-beda di setiap daerah tergantung tradisi di daerah tersebut.

6. Petasan dan Kembang Api

Petasan dan kembang api juga menjadi ciri khas di Indonesia yang tak kalah meriah dari malam Takbiran. Petasan umumnya dimainkan pada pagi hari setelah ibadah shalat Id, sedangkan kembang api dimeriahkan di malam Takbiran.

7. Ziarah atau Nyekar

Melakukan ziarah kubur atau nyekar ke makam keluarga atau sanak saudara yang sudah meninggal menjadi salah satu tradisi Lebaran yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia di hari Lebaran. Umumnya ziarah kubur dilakukan sehari sebelum Lebaran atau di pagi hari pertama Lebaran setelah salat Id.

8. Halal bi Halal

Lebaran di Indonesia juga identik dengan silahturahim. Tak heran jika Halal bi Halal menjadi salah satu tradisi Lebaran di Tanah Air yang dilakukan oleh semua umat Muslim bersama keluarga, sahabat, ataupun tetangga.

9. Mudik

Tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah mudik atau pulang. Libur lebaran menjadi menjadi momen yang paling ditunggu karena bagi mereka yang jauh dari keluarga bisa pulang dan berkumpul bersama. 

Namun sayang, tahun 2021 ini pemerintah kembali melarang mudik lebaran lantaran pandemi Covid-19 yang belum terkendali.

Topik
tradisi unjung unjungketupatIdul Fitri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru