Kenapa Idul Fitri Dimaknai Kembali ke Fitrah? Berikut Penjelasannya

May 12, 2021 20:39
Idul Fitri (Foto: lichterdererkenntnis.de)
Idul Fitri (Foto: lichterdererkenntnis.de)

INDONESIATIMES - Besok Kamis (13/5/2021) seluruh umat Islam di dunia merayakan Idul Fitri 1442 H. Hari Raya Idul Fitri merupakan momen di mana kita saling bermaaf-maafan.  

Meski tahun ini Idul Fitri akan dirayakan dengan suasana berbeda karena Covid-19 belum terkendali, silaturahmi pun tetap bisa dilakukan. Yakni dengan cara melakukan video call bersama keluarga yang jauh.  

Makna Idul Fitri sendiri tentunya disambut seluruh umat Islam dengan penuh suka cita.  Suasana kumandang takbir pun menjadi salah satu momen yang menyenangkan.  

Selain itu, umat Muslim juga memaknai Idul Fitri sebagai 'kembali ke fitrah'. Hal itu diartikan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar saat menjalankan ibadah puasa.  

Lantas apa sebenarnya makna umat Muslim kembali pada fitrahnya?  

Berikut rangkumannya dilansir melalui berbagai sumber: 

Bisa dijabarkan Idul Fitri merupakan hari kemenangan di mana umat Muslim merayakan dengan kembali 'buka puasa' atau makan.  Oleh sebab itu disunnahkan sebelum Salat Idul Fitri untuk makan atau minum.  

Hal itu sebagai tanda berakhirnya bulan Ramadan. Bagi seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya akan memiliki sikap sebagai berikut:  

1. Istiqomah dalam memegang agama tauhid yakni Islam,  

Mereka tetap akan berkeyakinan bahwa Allah SWT maha Esa dan hanya kepadanya kita memohon. 

2. Dalam kehidupan sehari-hari mereka akan selalu berbuat dan berkata yang benar, walau kaana murron meskipun perkataan itu pahit. 

3. Berlaku sebagai hamba Allah SWT yang selalu taat dan patuh kepada perintah-Nya.

Di Indonesia sendiri, Idul Fitri juga dikenal dengan istilah Lebaran. Lebaran berasal dari istilah Jawa yang berarti lebar-lebur-luber-labur. 

Lebar artinya seseorang akan bisa terlepas dari kemaksiatan. Lebur artinya lebur dari dosa. Sementara Luber artinya luber dari pahala, luber dari keberkahan, luber dari rahmat Allah SWT. 

Dan Labur artinya bersih sebab bagi orang yang benar-benar melaksanakan ibadah puasa, maka hatinya akan dilabur menjadi putih bersih tanpa dosa.

Topik
arti kembali fitriarti lebaranjj rizalpaguyuban peternak rakyat nusantara

Berita Lainnya

Berita

Terbaru