Valeria Messalina, Istri Kaisar Romawi yang Doyan Selingkuh Sampai dengan 150 Pria

Apr 30, 2021 10:18
Valeria Messalina (Foto: weibocom)
Valeria Messalina (Foto: weibocom)

INDONESIATIMES - Sosok Valeria Messalina, dikenal sebagai permaisuri cantik yang pernah menjadi pekerja seks disebuah rumah bordil. Bahkan Messaline menyamar dengan nama lain dan sanggup melayani 25 orang pria per hari.

Mulai dari prajurit hingga perwira berkelas, setidaknya Messaline berselingkuh dengan 150 pria setelah menjadi permaisuri. Messalina dianggap sebagai wanita terhormat dari keluarga kekaisaran yang moralnya sangat hancur sepanjang sejarah.

Tak cuma doyan selingkuh, ia juga dikenal sebagai wanita yang sangat licik, ambisius, dan dia mengendalikan orang-orang sekitarnya. Dalam kisahnya, Messalina disalahkan karena mempengaruhi dan menggunakan kekuatannya untuk mencapai tujuan politik dan pribadinya.

Salah satu yang menjadi korban dari Messalina ialah Appius Junius, seorang komandan 3 legiun Spanyol yang tewas gara-gara isu palsu Messalina. Korban lainnya seperti Catonius Jutus, seorang komandan yang mengetahui perilaku buruknya. 

Kemudian Julia Livilla, keponakan perempuan Claudius, yang dibunuh karena Messalina iri dengan kecantikannya. Wanita ini juga memerintahkan untuk meracuni Marcus Vinicius, suami dari Julia Livilla. 

Marcus lantas mencurigai Messalina terlibat dalam kematian istrinya dan dia pernah menolak Messalina untuk menjadi kekasihnya. Bahkan, Messalina menjadi simbol kesombongan dan imoralitas di zaman Roma

Selama berabad-abad, ia dianggap sebagai salah satu wanita yang moralnya paling mengerikan dalam sejarah. Wanita itu lahir sekitar tahun 20 Masehi dari keluarga kekaisaran Roma, cucu dari Mark Anthony dan istrinya Octavia. 

Ia mulai dikenal sekitar tahun 38 M saat dia menikah dengan kaisar Tiberius Claudius. Suaminya ini tak lain adalah sepupunya sendiri, sehingga pernikahan ini bukan karena cinta namun berlandaskan kepentingan keluarga.

Messalina juga termasuk salah satu istri yang tidak setia kepada suaminya. Sepanjang hidupnya, dia telah menjalin hubungan dengan 150 pria. 

Menurut beberapa sumber sejarah, walaupun dia berasal dari keluarga kerajaan kaya raya, namun dia suka bekerja sebagai pelacur untuk memenuhi nafsunya. Kedengarannya memang tak realistis, bagaimana mungkin seorang permaisuri Roma menjadi pelacur.

Kendati demikian, banyak orang percaya kisah ini sekalipun kedengarannya seperti gosip Romawi saat itu. Messalina diceritakan pernah menjadi seorang pelacur hingga dalam waktu 24 jam dia sanggup melayani 25 orang. 

Pekerjaannya ini dilakukan diam-diam sepanjang malam di sebuah rumah bordil dengan nama samaran "Serigala Betina". Alasan lain yang membuat Messalina mencari pria muda, karena suaminya sudah berusia 56 tahun dan mungkin tidak sanggup melayaninya. 

Keadaan itu lantas membuatnya jatuh cinta dan ingin menikahi Senator Gaius Silius. Sehingga dia pernah meminta cerai dengan Claudius, dan Silius pun menceraikan istrinya. 

Mereka lantas menikah pada tahun 48 M, padahal saat itu Messalina masih menjadi istri Claudius. Perselingkuhan ini dilaporkan oleh seorang perwira Silius kepada Kaisar Roma. 

Kaisar langsung memerintahkan kedua pasangan ini untuk dijatuhi hukuman mati. Messalina segera melarikan diri ke kebun Valerius Asiaticus.

Di sana, dia menunggu kematian bersama ibunya, dia juga mencoba bunuh diri dengan terhormat tetapi tidak sanggup. Hingga akhirnya persembunyian itu ditemukan dan dia dieksekusi oleh perwira.

"Setelah kematiannya, Senat memerintahkan agar semua yang berbau Messalina dihapus dari semua tempat umum dan pribadi, bahkan semua patungnya diturunkan. Setelah kepergian Messalina".

Topik
permaisuri cantikdoyan selingkuhzaman romapermaisuri romaminyak goreng
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru