Hindari Jenis Makanan Ini Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Apr 19, 2021 13:52
Ilustrasi (Foto : Internet)
Ilustrasi (Foto : Internet)

INDONESIATIMES – Di bulan Ramadan sekarang ini, umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa. Menjelang berbuka dan sahur biasanya masyarakat muslim menyiapkan sejumlah makanan.

Akan tetapi menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi membuat masyarakat harus cerdas mengatur asupan makanan agar tubuh tetap sehat. Beberapa jenis makanan dan minuman seperti karbohidrat olahan hingga ragam camilan berminyak sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

 Mengonsumsi jenis makanan tersebut tidak akan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, justru akan memberikan efek negatif pada tubuh.

“Di bulan Ramadan, pola makan kita berubah secara drastis, karena kita hanya makan selama sahur dan berbuka puasa. Dengan demikian, kedua momen ini menjadi bagian penting untuk menjaga asupan tubuh selama bulan puasa,” kata ahli gizi, Rahma Ali dilansir dari CNN Indonesia.

Dijelaskan juga bahwa sahur yang sehat, mampu menyediakan energi yang cukup untuk bertahan selama 13 jam. Penting juga untuk memastikan agar asupan makanan dan minuman membuat tubuh tetap terdehidrasi, seperti makanan yang mengandung protein, serat, kalsium dan vitamin.

Ali juga menyarankan untuk berbuka puasa dengan diet seimbang yang memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi, seperti mengkonsumsi buah yang kaya kalium, air mineral, kacang-kacangan, dan sayuran.

Dari beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka maupun sahur, ternyata ada beberapa jenis makanan lainnya justru akan lebih baik jika dihindari. Berikut rangkumannya :

 Karbohidrat olahan

Jenis makanan ini hanya dapat bertahan selama 3-4 jam. Setelahnya,akan cepat kembali merasa lapar dan kurang berenergi. Disarankan untuk menghindari konsumsi makanan olahan yang mengandung gula dan tepung seperti donat dan croissant.

 Makanan asin

Pada saat sahur disarankan untuk menghindari banyak makanan asin seperti keripik. Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh membuat rasa haus menerus saat berpuasa.

 Minuman berkafein

Disarankan untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi, dikarenakan dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain itu kopi juga membuat tubuh kurang terhidrasi sehingga rasa haus akan terus terasa selama 13 jam berpuasa.

 Minuman berkarbonasi

Saat berbuka hindari minuman berkarbonasi. Minuman jenis ini dapat menimbulkan rasa kembung pada perut dan meningkatkan produksi asam lambung, apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong. Lebih disarankan untuk mengonsumsi air mineral ataupun air kelapa.

 Makanan tinggi gula

Makanan jenis gula yang tinggi juga harus dihindari. Makanan manis menjadi sumber kenaikan berat badan dan pemicu berbagai penyakit jika dikonsumsi setiap hari.

 Makanan berminyak

Makanan berminyak atau makanan yang digoreng juga perlu dihindari. Dikarenakan makanan ini mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

 

Topik
bulan puasa Ramadanminuman yang haus dihindarirancangan rpjmd blitarbuka puasaSahur
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru