Beraksi Dini Hari, Seorang Pelaku Terekam CCTV Curi Tanaman Hias Aglonema

Apr 18, 2021 14:54
Tampak pelaku mencuri dua tanaman hias Aglonema jenis Big Roy dengan cara mencabut yang terlihat dari tayangan CCTV, Sabtu (17/4/2021). (Foto: Tangkapan layar CCTV)
Tampak pelaku mencuri dua tanaman hias Aglonema jenis Big Roy dengan cara mencabut yang terlihat dari tayangan CCTV, Sabtu (17/4/2021). (Foto: Tangkapan layar CCTV)

MALANGTIMES - Peristiwa pencurian yang terekam CCTV (Closed Circuit Television) kembali terjadi di Kota Malang. Kali ini terjadi di kediaman Raka Wisnu (26) Jalan Jalak, RT. 03/RW. 08, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang pada hari Sabtu (17/4/2021) dini hari.

Berdasarkan tayangan dua kamera CCTV yang berada di rumah Raka, tampak jelas satu orang pelaku melakukan pencurian dua tanaman hias Aglonema jenis Big Roy dari luar pagar dengan cara mencabut tanaman tersebut menggunakan tangan kosong.

Raka menjelaskan, kronologi peristiwa pencurian yang menyasar dua tanaman hias Aglonema jenis Big Roy yang terdapat di dalam pot dan tertata rapi di depan teras rumahnya.

"Pada hari Sabtu (17/4/2021) sekitar pukul 06.00 WIB saya baru tahu tanaman hias milik orang tua hilang. Ketika orang tua saya teriak dan kaget mendapati dua tanaman hias Aglonema yang diletakkan di dekat pagar rumah sudah hilang dari pot," jelasnya kepada MalangTIMES.com, Minggu (18/4/2021).

Setelah itu, Raka bersama orang tuanya langsung mengecek rekaman dari dua kamera CCTV yang telah terpasang di dalam rumah. Alhasil, tampak dari rekaman CCTB tersebut, satu orang telah terbukti melakukan pencurian dua tanaman hias Aglonema dengan jenis big roy milik orang tua Raka.

"Dilihat dari rekaman kamera CCTV, pelaku beraksi pada pukul 04.39 WIB. Pelaku berjalan kaki dari gang kecil yang berada di samping rumah dan gang kecil tersebut tembus ke Jalan Menco," terangnya.

Berdasarkan rekaman kamera CCTV tersebut, sebelum melakukan aksinya, pelaku yang datang dari gang samping rumah korban memastikan terlebih dahulu kondisi sekitar lokasi rumah aman.

Lalu setelah dipastikan aman, pelaku mendekati pagar rumah milik korban dan kemudian pelaku langsung mencabut dua tanaman hias Aglonema jenis Big Roy secara bertahap. Kemudian setelah berhasil mencuri dua tanaman hias tersebut, pelaku tampak lari menuju gang samping rumah milik korban.

Raka pun menyebutkan beberapa ciri-ciri yang terlibat dari rekaman dua kamera CCTV yang terletak di dalam rumahnya tersebut. Dikatakan Raka bahwa pelaku diduga merupakan seorang perempuan yang berusia sekitar 40 tahun dan saat melakukan aksi pencuriannya dengan memakai hijab.

Sementara itu, menurut Raka bahwa pelaku yang mencuri tanaman hias milik orang tuanya tersebut diduga merupakan warga sekitar yang tidak jauh bertempat tinggal di lokasi kejadian.

"Kemungkinan pelaku tinggal dekat sini. Soalnya saya pernah seperti ketemu dengan pelaku di lingkungan sekitar rumah ini," tuturnya.

Pasalnya, sebelum rumah korban yang menjadi sasaran pencurian tanaman hias, rumah yang berada di depan kediaman Raka juga seringkali hilang dicuri oleh pencuri.

"Di wilayah sini rawan pencurian tanaman hias. Sebelum tanaman orang tua saya yang dicuri, tetangga depan rumah juga sering kehilangan tanaman hiasnya," ujarnya.

Raka pun mengaku belum melaporkan kejadian kehilangan dua tanaman hias Aglonema jenis Big Roy nya tersebut kepada pihak kepolisian. "Saya pun juga belum melaporkan kejadian ini ke polisi," katanya.

Lebih lanjut Raka mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan di kediamannya masing-masing, salah satunya dengan memasang kamera CCTV. Karena, akhir-akhir ini di Kota Malang seringkali terjadi peristiwa pencurian yang langsung menyasar ke rumah warga.

Topik
pencurian tanaman hiasCCTVBerita Kriminal Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru