Kenali 6 Gejala Penyakit Liver

Apr 16, 2021 16:01
Kenali gejala Penyakit Liver
Kenali gejala Penyakit Liver

MALANGTIMES - Organ hati atau liver berfungsi mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun. Bila kerusakan hati terjadi, tanda-tandanya tentu dapat mengganggu kesehatan. 

Biasanya, fungsi hati akan mulai terlihat penurunannya ketika kerusakan sel-sel hati mencapai 75%. Tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, penyakit liver juga bisa dialami oleh anak-anak dan bayi. Dalam beberapa kondisi, organ hati di dalam tubuh manusia bisa melemah sampai tidak berfungsi saat terserang penyakit.

Berikut ini sejumlah gejala-gejala penyakit liver yang perlu Anda waspadai. 

1. Kelelahan
Kelelahan merupakan gejala umum yang sering dialami oleh pasien sakit liver, terutama penyakit hepatitis, baik akibat dari virus maupun konsumsi berlebihan. Namun, rasa lelah yang dialami tidak bisa menjadi pertanda tingkat keparahan dari penyakit hati.

Hal ini dikarenakan gejala penyakit hati ini tidak dialami oleh semua orang. Beberapa pasien penyakit liver mungkin sangat merasa lelah, sedangkan lainnya tidak merasakan hal yang sama.

Selain itu, kelelahan bisa dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti anemia dan pola makan buruk. Hal ini membuat dokter sulit menentukan apakah kelelahan yang dialami disebabkan oleh penyakit hati atau masalah kesehatan lainnya.

2. Perut Bengkak
Beberapa dari Anda mungkin merasa bahwa perut yang bengkak atau buncit disebabkan oleh terlalu banyak makan. Faktanya, perut yang bengkak bisa menjadi salah satu ciri-ciri dari penyakit liver.

Hal ini dikarenakan perut bengkak dapat disebabkan oleh asites. Asites merupakan penumpukan cairan pada rongga perut akibat kebocoran cairan dari hati dan usus. Kondisi ini sering menjadi gejala dari penyakit liver dan dapat memicu perut bengkak.

Selain itu, perut bengkak juga terkadang menyebabkan rasa nyeri dan sesak napas. Namun, perlu diingat bahwa kondisi juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari masalah kesehatan lainnya, sehingga tidak bisa selalu disebabkan oleh sakit liver.

3. Warna urine berubah menjadi gelap

Bila Anda menjumpai warna urine berubah menjadi gelap atau kecoklatan, ada kemungkinan hal tersebut adalah gejala dari sakit liver. Mengapa demikian?

Perubahan warna urine menjadi gelap sering terjadi akibat adanya bilirubin atau mioglobin pada urine. Bilirubin senyawa yang memecah hemoglobin dan senyawa lainnya. Umumnya, hati akan mencerna bilirubin dan mengirimkannya ke saluran empedu. Dari saluran empedu, bilirubin akan masuk ke usus kecil atau disimpan di kantong empedu.

Bila hati mengalami peradangan, rusak, atau saluran empedu tersumbat, bilirubin tidak dapat keluar dari hati. Akibatnya, kadar bilirubin dalam darah pun meningkat dan keluar dari ginjal. Itu sebabnya, orang yang mengalami hepatitis atau sirosis sering ditandai dengan warna urine yang gelap.

4. Mual dan muntah

Ciri-ciri liver bermasalah lainnya yakni sering merasa mual dan muntah. Mual pada penyakit liver disebabkan penumpukan racun di aliran darah. Kondisi ini dipengaruhi menurunnya fungsi atau kemampuan liver dalam menyaring racun.

Melansir Cleveland Clinic, dalam kasus liver bermasalah cukup parah, penderita bisa mengalami muntah darah. Hal itu disebabkan sirosis hati membuat limpa membengkak dan menampung banyak trombosit dari aliran darah. Saat limpa membengkak, varises dapat berkembang di kerongkongan dan perut dan memicu muntah darah.

5. Kulit atau mata menguning

Ciri-ciri liver bermasalah yang umum lainnya yakni kulit atau bagian mata yang berwarna putih jadi menguning (jaundice). Kondisi ini disebabkan penumpukan pigmen empedu bernama bilirubin di dalam darah. Liver yang sehat dapat menyerap kelebihan bilirubin dan mengubahnya menjadi empedu. Tubuh lantas mengeluarkannya melalui BAB.

6. Telapak tangan memerah

Telapak tangan memerah atau palmar erythema juga bisa jadi gejala liver bermasalah. Kira-kira seperempat orang yang mengalami sirosis hati telapak tangannya memerah.

 

Topik
kesehatankuliner hemat
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru