Kitab-Kitab Suci sebelum Alquran Turun di Bulan Penuh Berkah Itu

Apr 14, 2021 08:02
Ilsutrasi kitab suci. (Foto: Islam Itu Indah)
Ilsutrasi kitab suci. (Foto: Islam Itu Indah)

INDONESIATIMES - Seluruh umat Islam di dunia kini telah memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah.  Di bulan suci penuh berkah ini, seluruh umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa.

Di satu sisi, bulan Ramadan juga merupakan bulan paling istimewa bagi umat Islam. Banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadan. Salah satunya yakni turunnya kitab suci Alquran sebagai pedoman umat Islam.

Selain kitab suci Alquran, ternyata ada beberapa kitab suci lain yang juga turun di bulan Ramadan.

Kitab suci tersebut di antaranya Taurat, Zabur, dan Injil. Hal ini merupakan bukti keberkahan dari Allah SWT dalam bulan Ramadan.

Bulan turunnya ayat-ayat qauliyah merupakan petunjuk jalan bagi orang-orang yang mau mensucikan Ramadan. “Suhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadan. Taurat diturunkan pada 6 Ramadan. Injil diturunkan pada 13 Ramadan. Dan Allah menurunkan Alquran pada 24 Ramadan” [HR Ahmad].

Diriwayatkan pula hadis dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu. Di dalamnya disebutkan, “Bahwasanya Zabur diturunkan pada 12 Ramadan dan Injil pada 10 Ramadan.”

Berikut ulasan  kitab-kitab suci yang turun di bulan Ramadan:

1. Taurat

Kitab Taurat diturunkan pada 6 Ramadan. Taurat diturunkan Allah SWT kepada Nabi Musa AS sekitar abad 12 SM (Sebelum Masehi). Kala itu, Nabi Musa menyampaikan ajaran yang terkandung dalam Kitab Taurat kepada bangsa Bani Israil.

Isi kitab tersebut menggunakan bahasa Ibrani. Di dalamnya ada beberapa hukum syariat dan sistem kepercayaan yang dapat dibenarkan.

Alquran Surat Ali 'Imran ayat 3 menjelaskan tentang firman Allah SWT yang menyatakan adanya Taurat yang berbunyi: "Dia menurunkan Al Kitab (Alquran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil".

2. Injil

Kitab Injil diturunkan pada 13 Ramadan kepada Nabi Isa AS pada abad 1 M (Masehi). Kitab Injil diturunkan di Yerusalem dan ditulis menggunakan bahasa Suryani.

Kitab ini menjadi pegangan bagi kaum Nasrani. Injil memiliki kandungan mengenai perintah untuk percaya kepada Allah SWt serta menghapus beberapa hukum yang ada di Kitab Taurat lantaran beberapa ajaran di Kitab Taurat tidak sesuai dengan zaman saat itu.

Melalui Alquran Surat Maryam Ayat 30, Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi".

3. Zabur

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS pada 18 Ramadan. Sama seperti Kitab Taurat, Zabur juga disampaikan Nabi Daud AS kepada para umatnya, yakni Bani Israil. Zabur diturunkan pada abad 10 SM di Yerusalem.

Kitab Zabur ini menggunakan bahasa Qibti yang di dalamnya terdapat doa, zikir, nasihat, dan himah. Namun, dalam kitab ini tidak ada ajaran hukum syariat lantaran umat tersebut masih mengikuti ajaran yang diperintahkan Nabi Musa AS.

Adanya Kitab Zabur bisa diketahui melalui Alquran Surat An-Nisa Ayat 163 yang berbunyi, "Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud".

 

Topik
kitab suci agama IslamKitab suci Alqur’anthe powerpuff girlsKitab Tauratkitab injil
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru