SAPMA PP Kota Malang: Pancasila Dapat Bendung Laju Terorisme dan Radikalisme

Apr 05, 2021 16:14
Ketua SAPMA PP Kota Malang, Udte Syahputra (kiri) pada Muscab PP Kota Malang, Senin (4/4/2021) (SAPMA PP Kpta Malang for MalangTIMES)
Ketua SAPMA PP Kota Malang, Udte Syahputra (kiri) pada Muscab PP Kota Malang, Senin (4/4/2021) (SAPMA PP Kpta Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Maraknya kembali kasus terorisme dan pengeboman di negara ini kian memprihatinkan dan mengkhawatirkan. 

Paham-paham radikalisme yang semakin tidak terkontrol di kalangan masyarakat menjadi sebuah keresahan yang tak terelakkan. 

Oleh karena itu pentingnya pendidikan serta penanaman nilai-nilai Pancasila sejak usia dini perlu ditegakkan. Dimulai dari pelajar tingkat SD, SMP, sampai SMA sangat perlu untuk ditanamkan nilai Pancasila yang memiliki relevansi dengan tren milenial masa kini.

“SAPMA Kota Malang hadir untuk itu dan kami siap untuk melaksanakan program terkait empat pilar kebangsaan di lingkup pelajar dan mahasiswa di Kota Malang.” ujar Udte Syahputra Santoso selaku Ketua SAPMA (Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa) PP (Pemuda Pancasila) Kota Malang.

Udte juga menambahkan, bahwa banyak program lain yang dikemas dengan hasil kreativitas serta berkolaborasi dengan segenap elemen-elemen Pemerintah Kota Malang untuk pelaksanaan ke depannya.

“Kami berusaha untuk meningkatkan jumlah kader serta kualitas serta kompetensi dari kader kami. Sehingga tercipta organisasi yang solid dengan berlandaskan Pancasila sebagai dasar mereka. Sehingga dapat memukul mundur paham terorisme, radikalisme, dan paham lain yang meresahkan masyarakat, khususnya di Kota Malang.” papar Udte.

Kuantitas dan kualitas dari kader menjada garda terdepan penjaga ideologi Pancasila serta memajukan Kota Malang melalui pemuda-pemuda yang berkarakter berazaskan nilai-nilai Pancasila dan memiliki kecintaan terhadap budaya otentik Kota Malang.

“Jika karakter tersebut telah dimiliki oleh sebagian besar pemuda-pemuda di Kota Malang, maka tali radikalisme dapat diputus secepat mungkin dan membendung ombak radikalisme," ujarnya.

Lanjutnya, karena jika seseorang telah memiliki nilai-nilai Pancasila sebagai pondasi dalam diri mereka, maka ideologi-ideologi tersebut akan secara otomatis tidak akan dapat mempengaruhi sikap mereka karena sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Topik
sapma pp kota malangPancasilafaham radikalismeTeroris

Berita Lainnya

Berita

Terbaru