Ternyata Begini, Kondisi Kuburan Orang Indonesia yang Tak Punya Identitas di Makkah

Mar 26, 2021 10:51
Kuburan Orang Indonesia yang Tak Punya Identitas di Makkah (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Kuburan Orang Indonesia yang Tak Punya Identitas di Makkah (Foto: YouTube Alman Mulyana)

INDONESIATIMES- Makam atau kuburan di Indonesia sejatinya adalah gundukan tanah atau bahkan rata dan diberi bebatuan atau nisan. Namun, ada beberapa makam yang juga dihias seperti diberi keramik.  

Kondisi itu rupanya berbeda jauh dengan kondisi makam orang Indonesia di Makkah. terkusus bagi mereka yang tak memiliki identitas.  

Lantas seperti apa bentuk kuburan orang Indonesia di Kota Makkah? Memantau dari tayangan YouTube Alman Mulyana, kondisi makam orang Indonesia yang tak memiliki identitas tampak dikelilingi bebatuan.  

Awalnya Alman berada di puncak gunung dengan pemandangan awan yang sangat bersih di bagi hari. Terlihat awan yang tidak menggumpal lantaran di sana tidak ada pepohonan.  

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

Dalam perjalanannya, Alman menceritakan sejarah haji di tahun 1965-1975an. "Jadi di tahun 65-an sampai 75 an lah ya, banyak orang Indonesia yang menjalankan ibadah haji, kalau istilah zaman sekarang itu haji ngoboy," ujar Alman.  

Haji ngoboy, kata Alman, haji yang tidak memiliki surat-surat atau tidak resmi. Saat itulah banyak jamaah haji yang meninggal karena sulit menghadapi alam. 

Namun karena tidak memiliki identitas mereka yang meninggal akhirnya dikuburkan di pemakaman umum di kawasan puncak gunung tersebut. "Jadi di makamkannya itu di lereng gunung seperti ini," kata Alman.  

Cerita itu didapatkan Alman dari ayah temannya. Ayah teman Alman tersebut menceritakan jika orang Indonesia yang tak memiliki identitas dan meninggal di makamkan di bawah gunung dan ditumpuk dengan batu-batu.  

Hingga akhirnya pemerintahan di Arab Saudi mengetahui hal tersebut dan memberi tanda agar orang-orang yang menuju ke tempat tersebut tahu bahwa itu adalah kawasan pemakaman.  

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

"Agar orang-orang nggak sembarangan kencing atau apa di tempat ini," ceritanya.  

Alman pun tiba di kawasan makam orang Indonesia yang tanda indentitas tersebut. Tampak pagar bebatuan sebagai tanda kawasan pemakaman.  

Alman lalu menuju ke kotak bebatuan yang tak diketahui tempat apa. "Ini kira-kira tempat apa ini? apakah di dalamnya itu bekar kuburan atau apa?" tanya Alman.  

Topik
kawasan pemakamanmakam di makkahalman Mulyanadunia islamKota Makkah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru