Persaingan Ketat, 53 Mahasiswa Unikama Lolos Program Kampus Mengajar

Mar 24, 2021 19:53
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (doc MalangTIMES)
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak 53 mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), lolos dalam seleksi Program Kampus Mengajar angkatan 1 tahun 2021. Program tersebut diluncurkan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dr Sudi Dul Aji MSi, Wakil Rektor 1, membenarkan, jika terdapat 53 mahasiswa yang lolos dalam Program Kampus Mengajar angkatan 1 tahun 2021. Prorgam ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbud.

"Disitu para mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar di luar kampus dengan periode waktu tertentu," terangnya.

Lolosnya 53 mahasiswa Unikama itu, setelah sebelumnya lolos seleksi administrasi, mulai dari Kartu Hasil Studi (KHS), surat rekomendasi dari Dekan Fakultas maupun surat berkelakuan baik.

"Mahasiswa yang diperkenankan ikut minimal mahasiswa semester lima," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika para mahasiswa yang mengikuti program tersebut, akan mengajar di sekolah dasar yang penempatannya sesuai dengan yang mereka isi pada saat pendaftaran. Program Kampus Mengajar ini berlangsung mulai tanggal 22 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021.

"Penempatannya ada yang di Jatim, Sulawesi, Banten, Riau dan lainnya. Mereka disana membantu mengajar di sekolah," bebernya.

Selama mengikuti Program Kampus Mengajar itu, dijelaskannya terdapat pengakuan Satuan Kredit Semester (SKS) yang akan dikonversi sebanyak 12 SKS. Selain itu, lolosnya 53 mahasiswa Unikama dalam Program Kampus Mengajar juga menjadi sebuah kebanggaan. Sebab, ternyata tak semua kampus diberikan peluang pada Program Kampus Mengajar angkatan 1 tahun 2021.

"Di Indonesia ada sekitar 360 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang diberikan kesempatan untuk mengikuti Program Kampus Mengajar dan salah satunya adalah Unikama," terangnya.

Dengan adanya Program Kampus Mengajar itu, pihaknya berharap para mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman bagaimana realita didunia luar, khususnya di bidang pendidikan.

"Paling tidak dia bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus pada dunia nyata. Kalaupun mereka mahasiswa yang bukan merupakan dari jurusan non pendidikan, setidaknya ada peluang  untuk bisa mengembangkan diri dengan pengalaman dilapangan,"pungkasnya.

Topik
kampus mengajarUnikamamahasiswa unikamaBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru