Ingin Road Trip Bareng Keluarga ke Surabaya? Berikut Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Mar 24, 2021 10:59
Monumen Jalesveva Jayamahe (Foto: Phinemo.com)
Monumen Jalesveva Jayamahe (Foto: Phinemo.com)

INDONESIATIMES-  Liburan bersama keluarga tentu akan menjadi momen paling menyenangkan. 

Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata indah dan menarik yang tak kalah dari luar negeri.  

Salah satu kota yang memiliki tempat wisata menarik, yakni Surabaya. Kota Pahlawan itu memiliki pesona dan destinasi menarik dan cocok untuk dikunjungi saat liburan.  

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan road trip di Surabaya ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib di kunjungi. Namun, di masa pandemi Covid-19 ini jangan lupa tetap harus mematuhi protokol kesehatan.  

Mulai dari menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. 

Berikut 7 tempat wisata yang cocok untuk road trip di Surabaya:

1. Monumen Jalesveva Jayamahe

10 Foto Monumen Jalesveva Jayamahe, Tiket Masuk Monjaya Surabaya Sejarah | JejakPiknik.Com
Foto: Jejakpiknik

Monumen Jalesveva Jayamahe atau yang lebih dikenal dengan singakatan Monjaya menjadi salah satu tempat wisata menarik di Surabaya. Monumen Jalesveva Jayamahe ini terletak di dalam daerah basis TNI AL Koarmatim Ujung, Surabaya, sebelah barat Dermaga Madura.

Jalesveva Jayamahe sendiri memiliki arti "di laut kita tetap jaya". 

Monumen yang menjulang tinggi itu menggambarkan seorang perwira menengah TNI Angkatan Laut berpakaian lengkap sambil menatap ke arah laut.  

Sosoknya yang berdiri gagah, seakan siap menantang segala badai dan gelombang di lautan luas. Patung ini juga bisa dijadikan mercusuar atau lampu pemandu bagi kapal-kapal yang sedang berlayar di sekitarnya.  

Karena Monjaya memiliki tinggi 31 meter dan berdiri di atas gedung setinggi 29 meter. Bahkan Monjaya disebut-sebut sebagai patung tertinggi kedua di dunia setelah Patung Liberty loh.

2. Surabaya North Quay

Harga Tiket Masuk Surabaya North Quay SNQ, Alamat Lokasi Wisata Tanjung Perak Foto Kapal Pesiar | JejakPiknik.Com
Foto: Jejakpiknik

Surabaya North Quay menjadi pilihan tepat bagi kalian yang suka menikmati sunset. Surabaya North Quay berada di area Tanjuk Perak, Pabean Cantian, Surabaya.  

Selain asyik menyaksikan sunset, di Surabaya North Quay juga terdapat sport food court. Hal itu tentu sangat cocok bagi pengunjung untuk icip-icip berbagai kuliner yang ada di sana.  

Gedung ini juga difungsikan sebagai dermaga kapal pesiar (cruise) internasional. Berada di lantai 2 dan 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, tempat ini terbuka untuk umum dan gratis.  

3. Atlantis Land Kenjeran

Atlantis Land Surabaya
Foto: Explorewisata

Atlantis Land Kenjeran juga sangat cocok sebagai destinasi wisata bareng keluarga. Dari segi konsep, Atlantis Land Kenjeran terinspirasi dari Universal Studio di Singapura atau Disneyland.

Meski mengusung nama ‘Atlantis’ yang erat kaitannya dengan air, theme park ini juga memiliki wahana lain. Terdapat 3 kolam renang utama di waterpark ini, yakni kolam renang dewasa, anak-anak, dan kolam arus.

Jika ingin main airnya jadi lebih seru pengunjung bisa mencoba seluncuran Boomerang Slide dan Tornado Slide untuk memacu adrenalin.

Sementara wahana non air terdiri dari Istana Es, Dino Land, Istana Patung Lilin, Misteri Atlantis, Star Dancer, dan masih banyak lagi.

4. Hutan Mangrove Wonorejo

√ Tempat Wisata Hutan Mangrove Wonorejo di Surabaya
Foto: Paket wisata Jogja

Para wisatawan juga bisa menikmati wisata alam di Surabaya, yakni Hutan Mangrove Wonorejo. Hutan Mangrove Wonorejo sangat cocok bagi kalian yang disibukkan dengan aktivitas sehari-hari untuk sekedar melepas penat.  

Hamparan tumbuhan bakau di sini bisa disusuri dengan melewati jalan kecil dari kayu. Pengunjung juga bisa berhenti untuk wefie di tempat yang sejuk dan menyegarkan ini.  

Ada pula gazebo di pinggir laut yang bisa diakses dengan naik boat ke sana. Wah pastinya seru ya!

5. Kampung Warna-warni Bulak

5 Destinasi Kampung Warna-Warni yang Instagramable Banget! : Okezone Travel
Foto: Okezone travel

Tak hanya di Malang, kampung warna-warni juga ada di Surabaya loh. Namanya Kampung Warna-warni Bulak.  

Tempat wisata ini berada di Jl. Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Bulak. Rupanya Pemkot Surabaya berhasil menyulap Kampung Bulak ini menjadi tempat wisata yang indah.  

Tempat ini cocok bagi kalian yang hobi selfie bersama sahabat dan keluarga. Terlebih untuk masuk ke kawasan kampung warna warni ini hanya perlu membayar Rp 2 ribu. 

6. Masjid Muhammad Cheng Ho

Laksamana Cheng Ho, Pelaut Tionghoa yang Diabadikan Sebagai Nama Masjid - MerahPutih
Foto: Merah Putih

Di Surabaya ternyata juga memiliki wisata religi loh, yakni Masjid Muhammad Cheng Ho. Masjid Muhammad Cheng Ho berada di Gading No.2 Ketabang, Genteng, Surabaya.  

Akulturasi budaya menjadi keunikan tersendiri dari Masjid Muhammad Cheng Ho. Lihat saja pada arsitekturnya yang menggabungkan budaya Tiongkok dan Arab.  

Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini juga tersohor sebagai tempat wisata. Masjid Muhammad Cheng Ho bahkan sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari kalangan Muslim, sampai kalangan non-Muslim.

7. Taman Pelangi  Surabaya

Taman Pelangi Surabaya Yang Indah Dan Juga Nyaman
Foto: Sewa Bus Pariwisata Surabaya

Taman Pelangi Surabaya menjadi salah satu tempat wisata unik. Taman tersebut memilik corak lampu warna-warni dan sangat ramah anak kecil.

Sehingga bagi kalian yang memiliki anak kecil tak perlu khawatir. Selain itu, di taman ini juga merupakan pilihan tepat bagi pecinta fotografi.  

Kalian bisa melatih kemampuan fotografi dengan pemandangan indah di sekitarnya. Pasalnya, pada siang hari banyak kupu-kupu dan serangga lain yang pas untuk berlatih fotografi makro.  

Sementara pada malam hari, warna-warni lampunya juga cocok sebagai latar belakang yang kece banget ala selebgram.

Buat kalian yang lagi rencanain road trip bareng keluarga atau sahabat tepat sekali jika menggunakan Smart Traveling Traveloka. Dengan Traveloka, Tak cuma mudah penuhi kebutuhan wisatamu, aplikasi traveloka juga siap membantu kamu jadi Smart and Responsible Traveler.

Jangan lupa juga, ada banyak promo booking hotel yang menunggu kamu di aplikasi Traveloka. Dengan penawaran harga Flash Sale setiap minggunya, kamu bisa dapatkan harga terbaik untuk liburan impianmu! 

Apalagi akan ada EPIC SALE dari Traveloka pada tanggal 25 hingga 31 Maret ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan promo paling epic dari traveloka tahun ini (Adv).

 

Topik
destinasi wisata surabayaTravelokasmart travelingTraveloka Epic Sale

Berita Lainnya

Berita

Terbaru