UIN Maliki Malang Diminati Mahasiswa Dunia (5)

Upaya Internasionalisasi Kampus dan Gaet Mahasiswa Asing, UIN Malang Bakal Gelar Kompetisi Robot

Mar 22, 2021 19:52
WR 4 Bidang Kerjasama UIN MALIKI Malang, Dr Uril Bahruddin MA (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
WR 4 Bidang Kerjasama UIN MALIKI Malang, Dr Uril Bahruddin MA (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang, tak kehabisan ide menuju internasionalisasi kampus sekaligus menggaet mahasiswa asing. Tak lama lagi, UIN MALIKI Malang berencana akan menggelar kompetisi robot. Kompetisi tersebut tak hanya tingkat nasional, melainkan tingkat internasional.

"Kita memang rencana akan buat event lomba robot yang levelnya internasional. Memang saat ini kan agak sulit (faktor pandemi) untuk mengelar event besar seperti itu. Tapi kita masih cari, mungkin negara-negara yang memang terbuka dan bisa diajak kerjasama untuk itu," ungkap Dr Uril Bahruddin MA, Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama.

Lanjutnya, dalam rencana event lomba robot internasional itu, peserta tak terbatas mahasiswa saja, melainkan juga untuk peserta umum. Akan tetapi nantinya akan dikategorikan umum dari peserta yang itu bisa berasal dari Indonesia maupun negara lainnya.

Event tersebut, rencananya akan dimulai bulan April untuk pendaftaran. Namun saat ini masih belum dilakukan pempublishan karena masih memerlukan persiapan yang maksimal.

"Masih banyak yang harus disiapkan. Tapi rencananya April pendaftaran selama satu bulan, atau sampai Mei lah. Kemudian Mei ada tahapan penyeleksian secara online. Pendaftaran nanti juga secara online," bebernya.

Kemudian, tahapan selanjutnya ada semi final. Tahapan ini direncanakan akan dilakukan secara online dan kemudian masuk tahapan final.

Disampaikan Uril, sapaan akrabnya, jika selain memunculkan potensi-potensi berbakat, tentunya hal ini juga merupakan upaya atau bagian dari internasionalisasi kampus. Sehingga perlu adanya dalam menyelenggarakan event bertaraf internasional.

Event ini menjadi ajang dalam mengenalkan UIN MALIKI Malang  lebih dikenal lagi di dunia internasional. Sehingga akan terwujud reputasi kampus internasional. Tentunya hal itu juga akan membuat banyak mahasiswa asing tertarik untuk studi di UIN Malang.

"Di kalangan PTKIN kita juga merupakan perguruan tinggi dengan mahasiswa asing terbanyak. Tidak berhenti di situ, kita ingin meningkatkan lagi," jelasnya.

Dalam menggaet mahasiswa asing, tak hanya melalui event saja. Jalinan kerjasama juga dilakukan UIN MALIKI Malang dengan para kedutaan besar di banyak negara. Pihak UIN MALIKI Malang menyosialisasikan apa saja keunggulan yang dipunyai dan kemudian dari pihak kedutaan akan menyampaikan kepada negara lokasi tempat bertugas masing-masing.

Selain itu, upaya lainnya adalah dengan bantuan sosialisasi para alumni yang berada di luar negeri untuk mengenalkan UIN MALIKI Malang ke negaranya. Mereka sebelumnya telah dipesankan untuk sekaligus menjadi duta dalam memperkenalkan UIN Malang.

Belum cukup itu, dalam menggaet mahasiswa, UIN Malang juga mengikuti berbagai pameran pendidikan internasional. Dalam hal ini, biasanya pihak UIN MALIKI Malang mengirimkan perwakilan untuk mengikuti pameran internasional itu.

"Tahun lalu ada di Brunei, kita kirimkan orang kesana, ada lagi di Mesir. Pernah juga di Riyadh Saudi Arabia," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Topik
UIN MalangUIN Maliki Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru