Terungkap Makam Siti Hawa, Istri Nabi Adam yang Panjangnya 80 Meter, Begini Kondisinya

Mar 22, 2021 09:33
Makam Siti Hawa (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Makam Siti Hawa (Foto: YouTube Alman Mulyana)

INDONESIATIMES -  Dalam sejarah Islam tentang manusia ciptaan Allah SWT, ada nama Hawa atau Siti Hawa. Ya, Siti Hawa merupakan perempuan pertama yang ada di muka bumi ini.  

Allah SWT menciptakannya setelah Nabi Adam As. Namun diketahui, Alquran memang tak disebutkan nama Hawa.  

Nama Hawa justru disebutkan dalam hadist Nabi SAW bahwa ia diciptakan dari tulang rusuk kiri Nabi Adam di dalam surga.  

Namun diketahui, banyak masyarakat yang penasaran di mana makam Siti Hawa berada. Beberapa orang mengklaim jika makam Hawa berada di kawasan Pemakaman Hawa di Jeddah, Arab Saudi.  

Seperti yang dilaporkan oleh Arab News pada 2018 lalu, tim investigasi mengaku kesulitan menemukan makam Hawa. Hingga akhirnya muncul kabar jika makam Hawa berada di Distrik 1 Al-Ammereyah.  

Untuk mengetahui hal itu, MalangTIMES.com mengulik informasi melalui channel YouTube Alman Mulyana Senin (22/3/2021). Dalam channel YouTubenya, Alman Mulyana berbagi informasi tentang lokasi dan kondisi makam Hawa.  

Seperti apa kondisinya? Simak ulasan berikut ini:

Satu-satunya yang menandai Siti Hawa dimakamkan di kawasan tersebut yakni terdapat papan di depan pintu masuk yang bertuliskan huruf Arab "Maqbarah Hawwa". Artinya, makam Siti Hawa. Dalam video itu, Alman dan rekannya berada di Kota Jeddah dan akan berziarah ke makam Siti Hawa. 

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

Di tengah perbincangan, Alman mengatakan jika dirinya juga penasaran di mana lokasi makam Nabi Adam As. "Saya masih penasaran juga, makam Nabi Adam di mana ya?" ujar Alman.  

Mendengar itu, rekan Alman mengaku tak mengetahuinya. Hingga akhirnya, Alman sampai di kawasan makam Siti Hawa.  

Tampak kondisi makam yang dipagar tembok padat. Alman pun lantas mengambil gambar papan nama yang bertuliskan makam Siti Hawa. 

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

Alman lantas menceritakan jika dulu lokasi tersebut sering dipenuhi oleh para jemaah haji dan umrah. Sayangnya, saat berziarah ke makam Siti Hawa, kata Alman, tidak boleh membawa kamera.  

Sehingga Alman tidak bisa memperlihatkan bagaimana kondisi detail makam Siti Hawa. Namun, Alman mencoba bertanya kepada salah 1 warga tentang kebenaran makam tersebut.  

Warga itu membenarkan jika lokasi itu merupakan makam dari Siti Hawa. Lalu Alman mencoba kembali menggali informasi kepada warga lain.  

Hingga akhirnya ia bertemu dengan warga asal Pakistan dan bertanya seputar makam Siti Hawa. Dikatakan warga tersebut, jika makam Siti Hawa panjang sekitar 80 meter.  

Image
Foto: YouTube Alman Mulyana

Seakan tak ingin membuat subscribernya kecewa, Alman berjuang untuk mengambil gambar makam dengan memanjat tembok. "Nah inilah makamnya ya guys, saya berjuang untuk teman-teman biar teman-teman tahu ya." ujar Alman.

Tampak kondisi beberapa makam yang hanya diberi papan nama. Namun tak diketahui jelas di mana letak makam Siti Hawa.

Topik
Allah SWThawasiti hawaNabi Adam
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru