Ada Sejak Prasejarah, Ini Deretan Kota Kuno yang Masih Dihuni Hingga Sekarang

Mar 20, 2021 09:12
Byblos, salah satu kota tertua di dunia yang masih ada hingga sekarang (Foto: Istimewa).
Byblos, salah satu kota tertua di dunia yang masih ada hingga sekarang (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Berbagai penemuan arkeolog di dunia memang sangat cukup mengejutkan. Salah satunya berkaitan dengan penemuan kota-kota kuno yang berusia ribuan tahun Sebelum Masehi.

Menariknya, kota-kota kuno itu masih dihuni hingga sekarang. Bahkan, ada diantara kota tersebut yang diyakini sudah ada sejak masa batu atau zaman prasejarah.

Dilansir dari channel YouTube Invoice Indonesia, berikut 10 kota kuno di dunia yang masih dihuni hingga sekarang.

1. Beirut, Lebanon

Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-1666b1bba0b0e1a7a.jpg

Beirut merupakan ibukota Libanon dan merupakan kota terbesar di sana. Sebelum perang saudara Libanon terjadi, Beirut mendapat julukan Paris di dunia timur karena suasana kosmopolitan yang dimiliki.

Pelabuhan di Beirut sudah ada sejak 3.000 SM dan menjadi pelabuhan penting bangsa Fenisia dan Romawi yang pertama kali menarik perhatian masyarakat Beirut pada 14 SM.

Beirut mendapatkan reputasi pada sekolah hukumnya pada tahun ke tiga sejak abad ke 6. Namun kota tersebut menjadi hancur lantaran adanya gempa bumi yang dahsyat dan puncaknya adalah kemunculan gelombang pasang pada tahun 551 SM.

Umat muslimin masuk ke Beirut pada 635 SM dan menemukan reruntuhan serta membangunnya secara perlahan. Hal itu menjadi tonggak awal perkembangan pelabuhan Beirut dalam perdagangan rempah-rempah.

2. Gaziantep, Turki

Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-22c1d27167195ce7a.jpg

Gaziantep merupakan kota yang terletak di tenggara Turki dan menjadi kota ke sembilan tertua yang masih dihuni. Gaziantep sebelumnya dikenal sebagai kota Atep, sebuah kota tua yang terletak 97 kilometer sebelah Utara Suriah. Selama abad pertengahan, kota ini diperintah oleh Tulunids dan kemudian diambil alih Orthonet.

Kota ini sangat padat dengan populasi lebih dari satu juta orang. Kota ini banyak mendapatkan masa pembantaian hingga serangan teror.

3. Plovdiv, Bulgaria

Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-3ae762f7b97b52583.jpg

Plovdiv merupakan kota tua yang sudah dihuni sejak 4000 SM. Kota ini diyakini sudah berpenghuni sejak 6 miliun Sebelum Masehi. Kota terbesar ke dua di Bulgaria itu dibangun di atas tujuh bukit dengan ketinggian 250 meter di atas permukaan laut. Sehingga kota ini juga dijuluki oleh kota tujuh bukit. Kota ini berada di bawah pengaruh suku trakia, sekelompok indo-eropa. Kota ini pernah turun ke Romawi, Yunani, hingga Romawi.

4. Sidon, Lebanon

4Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-3ffa691bd9c153ca9.jpg

Kota ini berada di sebelah selatan Lebanon dan sudah dihuni sejak 4000 SM. Kota Sidon masih dihuni hingga sekarang dan diyakini ada sejak masa prasejarah. Itu dibuktikan dengan adanya penemuan situs arkeologis adanya kumpulan neolitik yang ada sejak masa tembikar.

Sidon merupakan kota penting dan dianggap sebagai kota terbesar ke tiga di Libanon. Kota ini dihuni sejak 4000 SM dan dianggap sebagai kota dengan keturunan terbanyak dari helenistik, Romawi, dan Orthonet.

5. Faiyun, Mesir

4Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-4c7e393bf0ff6b527.jpg

Faiyun merupakan kota yang terletak di tengah Mesir dan 100 kilometer dari Kairo. Kota ini dikenal dengan nama Medinet Alfayum pada masa Firaun, dan dalam sejarah kuno dikenal sebagai kota buaya. Karena dulunya orang-orang di kota tersebut menyembah seekor buaya suci yang dijinakkan.

Kemudian antara tahun 309 SM hingga 246 SM, Raja Mesir mendirikan kembali kota ini setelah adanya Agama Kristen. Dulunya kota ini juga memiliki banyak pasar dan masjid.

6. Susa, Iran

54Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-44f4e99f4808510a6.jpg

Kota Susa merupakan kota benteng di wilayah kekaisaran Persia dan Partia yang sekarang menjadi Iran. Berletak tak jauh dari Sungai Tigris. Susa menjadi kota besar di periode kuno dan abad pertengahan.

7. Damaskus, Suriah

554Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-44e2996b497c1a802.jpg

Damaskus adalah ibukota dan kota terbesar Suriah. Kota ini memiliki lokasi geografis yang menguntungkan di persimpangan orientasi dan negeri barat. Pemukiman awal di Damaskus ada sejak 6000 SM. Kota tersebut memiliki terowongan dan jaringan air yang sangat masif.

8. Aleppo, Suriah

554Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-506f324e4d28464a9.jpg

Kota ini diperkirakan ada selama kurang lebih 8000 tahun. Sejak pertempuran Aleppo, kota ini mengalami kerusakan yang sangat luar biasa. Populasi kota ini lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini memiliki peninggalan arkeologis yang luar biasa. Bahkan sebelum Damaskus, kota ini sudah tercatat dalam sejarah sebagai kota tertua.

9. Byblos, Lebanon

6554Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-6495b61627428c84d.jpg

Kota ini terletak sekitar 42 kilometer Utara Beirut. Kota ini menjadi sangat menarik bagi arkeolog, karena di sana ditemukan banyak lapisan berurutan dari bekas hunian selama berabad-abad. Memiliki banyak peradaban kuno terbanyak dan dihuni selama 5000 tahun. Kota ini juga memiliki pesona alam yang indah, reruntuhan kuno, hingga pelabuhan berusia ribuan tahun yang hingga kini banyak dikunjungi wisatawan.

10. Jericho, Palestina

76554Byblos-salah-satu-kota-tertua-di-dunia-yang-masih-ada-hingga-sekarang-64ea35bd7a0678e90.jpg

Kota ini diyakini sebagai kota tertua di dunia. Arkeolog menggali ribuan puing-puing peninggalan zaman kuno. Tiga pemukiman berbeda di sekitar kota itu ditemukan dan diyakini ada sejak 11.000 SM. Jericho digambarkan dalam kitab Ibrani sebagai kota palem. Lokasi yang indah menjadikan Jericho sebagai kota yang banyak dihuni selama ribuan tahun.

Itu dia sederet kita tua yang masih dihuni hingga sekarang. Semoga menambah pengetahuan baru ya.

Topik
kota tertuaKota Tertua di Duniaarkeologzaman kuno

Berita Lainnya

Berita

Terbaru