Akhir Pekan Bersama Anak, Deretan Film Kartun Mengandung Pesan Moral ini Wajib Ditonton

Mar 20, 2021 08:05
Ilustrasi anak sedang nonton kartun (Foto : Internet)
Ilustrasi anak sedang nonton kartun (Foto : Internet)

INDONESIATIMESFilm kartun menjadi sesuatu yang tidak asing lagi di telinga anak-anak. Lantaran kartun merupakan film favorit bagi anak. Tak hanya anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tuapun masih menyukai film kartun.

Sama halnya dengan film-film lain, meskipun film kartun diperbolehkan untuk ditonton anak, akan tetapi peran orang tua masih diperlukan. Terutama untuk memilih film kartun yang baik dan mengandung pesan moral, agar tidak memberikan dampak yang buruk terhadap anak terkait perkembangan sosio-emosi, problem solving dan sebagainya.

Untuk itu, JatimTIMES.com pilihan terbaik merekomendasikan deretan film kartun edukatif untuk anak yang sarat akan pesan moral, yang dapat ditonton anak bersama keluarga diakhir pekan.

1. UP

Up8bc21cf95c68110b.jpg

Film pertama yang direkomendasikan ialah Up. Film yang memiliki kisah yang mengharukan ini menceritakan mengenai seorang anak perempuan dan laki-laki yang saling menyukai dan mempunyai impian untuk berpertualangan bersama. 

Tapi, dikarenakan kesibukan dan masalah, akhirnya uang yang ditabung untuk perjalanan akhirnya selalu terpakai. Saat pasangan ini sudah tua, sang istri, si perempuan meninggal dunia, dan akhirnya tinggalah si kakek sendirian. 

Cerita ini dimulai ketika si kakek bernama Carl Fredrickesen berniat melakukan petualangan sendiri untuk memenuhi impian bersama sang istri yang tidak sempat tercapai untuk mengunjungi Paradise Falls dengan menerbangkan rumah mereka menggunakan ribuan balon.

Dalam perjalan film tersebut, si kakek yang penggerutu berinteraksi dengan anak kecil, burung langka, anjung yang bisa berbicara dan menjadi orang yang lebih baik. 

Dari film tersebut memiliki pesan moral bahwa begitu pentingnya menabung, bagaimana sikap kita ketika menghadapi masalah yang terjadi, tidak mudah menyerah dalam meraih cita-cita, kemudian tentunya berempati dengan orang lain untuk menjadi lebih ramah. 

Film ini juga mengajari anak untuk memiliki sifat pantang menyerah, serta usaha untuk bekerja keras, dan arti persahabatan yang tidak mengenali usia.

2. Finding Nemo

Finding-Nemofacf16337c5b6006.jpg

Rekomendasi film kedua ialah Finding Nemo. Film ini cukup unik dikarenakan mengangkat kisah petualang tentang seorang ayah yang mencari anaknya Nemo yang hilang diambil nelayan.

Ayah Nemo berusaha mencari sang anak Nemo sejauh mungkin di laut lepas. Dan di tengah pencariannya ia bertemu dengan seekor ikan bernama Dory. Akhirnya, mereka melakukan perjalanan bersama-sama, dan di tengah perjalanan mereka melarikan diri dari kejaran hiu yang lapar. 

Dalam film tersebut mengandung pesan moral agar anak harus selalu mendengarkan setiap nasihat baik dari orang tua, dan kasih sayang dari orang tua tidak akan pernah hilang sepanjang masa.

3. Frozen

Frozen80d976b97cf44331.jpg

Film yang karakter di dalamnya  banyak digemari anak-anak ini, menjadi film kartun anak terbaik yang sangat cocok ditonton bersama keluarga.

Film Frozen ini menceritakan tentang Princess Elsa yang memiliki kekuatan untuk mengubah sesuatu menjadi es, hingga pada suatu kecelakaan pun terjadi dan menyebabkan badai es abadi.

Pesan moral yang dipetik dari film tersebut ialah bagaimana dalam keluarga untuk selalu saling mengasihi sesama saudara, saling membantu dan mendukung, serta tidak sungkan meminta tolong ketika memerlukan bantuan. 

4. Zootopia

Zootopia1e76d20ac75d786d.jpg

Film yang wajib ditonton berikutnya ialah Zootopia. Film yang mengangkat kehidupan suatu kota yang penduduknya merupakan binatang mamalia. Film ini menceritakan tentang hewan-hewan tapi dengan gambaran masyarakat layaknya manusia.

Di dalam film ini juga terjadi perpecahan antara masyarakat dikarenakan memiliki jenis yang berbeda-beda. Banyak binatang herbivora menganggap karnivora yang makan daging hewan lain itu tidak baik dan ganas. Hal tersebut tentu tidak selalu benar.

Pesan moral yang dapat diambil dari film ini bagi anak ialah tidak boleh membeda-bedakan walaupun ada perbedaan dari segi warna kulit, ras ataupun agama. Film ini juga mengajarkan untuk dapat mengenal orang sesuai kepribadiannya dan bukan hanya fisik ataupun asal-nya.

5. The Incredibles

The-Incredibles7569e9803578d1a5.jpg

Selanjutnya ialah film The Incredibles, yang menceritakan mengenai keluarga superhero yang berusaha menjadi keluarga biasa. Namun, dalam film ini dikarenakan ambisi dari sang ayah dan juga skema tokoh jahat, keluarga ini harus bersatu dan bekerja sama untuk mengatasi masalah yang muncul.

Fim ini memiliki pesan moral yang baik bagi keluarga. Hal mengenai kebersamaan, komunikasi, kejujuran, dan juga pentingnya menjaga satu sama lain. Anak yang menonton film ini juga tentu akan lebih mudah mengerti mengapa orang tua terkadang berbohong demi kebaikan. 

6. Coco

Cococ9b04a67e3995520.jpg

Film yang wajib ditonton dan tidak boleh terlewakan terakhir ialah Coco, yang menceritakan tentang seorang anak lelaki bernama Miguel. Dalam film tersebut dirinya digambarkan sebagai anak yang mencintai musik.

Namun, sayangnya Miguel tumbuh didalam keluarga yang sangat membenci musik dan percaya bahwa musik adalah sebuah kutukan. Tapi Miguel terus berjuang mempertahankan mimpinya hingga berpetualangan ke dunia orang yang sudah mati.

Dalam film ini banyak mengandung pesan moral, yakni diantaranya mengingatkan mengenai kejujuran pada anak, mengajarkan untuk meraih mimpi dan cita-cita, sebab mimpi itu layak untuk diperjuangkan. Dan semakin memperkenalkan bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga.

Tidak hanya itu, film ini juga mengajarkan bahwa pentingnya mengenang dan menghormati pendahulu atau keluarga yang sudah tiada, dikarenakan walaupun raga mereka sudah tidak ada, tetapi jika terus dikenang, orang tersebut akan selalu hidup dalam diri kita.

Topik
Film KartunFilm animasifilm anak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru