Prof Imam Suprayogo Benarkan Foto Surat Permohonan Maaf dari WR I UIN Malang

Mar 19, 2021 19:51
Prof Dr H Imam Suprayogo Guru Besar UIN MALIKI Malang (Doc MalangTIMES)
Prof Dr H Imam Suprayogo Guru Besar UIN MALIKI Malang (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Foto surat permohonan maaf yang tertandatangani atas nama M Zainuddin untuk ditujukan kepada Prof Dr H Imam Suprayogo, Guru Besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang beredar luas melalui WhatsApp.

Perihal foto surat itu, dibenarkan langsung oleh sosok yang dituju dalam surat, yaitu Prof Dr H Imam Suprayogo. "Benar (membenarkan surat), dia (Zainuddin) pernah menulis surat permohonan maaf yang ditujukan ke saya," balasnya saat dihubungi MalangTIMES, Jumat (19/3/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, jika surat yang dibuat Zainudin itu merupakan surat yang telah lama beberapa tahun lalu dikirim kepadanya. "Benar itu, tapi sudah lama, kasusnya lama," jelasnya.

UIN---surat-2882d26811100cc2a.jpg
UIN---surat-163321940801fd60b.jpg

Diakuinya, kasus tersebut sempat bergulir hingga ke ranah hukum hingga beberapa waktu kemudian dirinya juga dipanggil sebagai saksi. Namun dihadapan petugas, saat dimintai keterangan dan harapan terkait kasus plagiasi yang dilaporkan oleh Ketua Presidium Forum Independen Masyarakat Malang Raya Subaryo, saat itu Prof Imam Suprayogo tidak mempunyai target terhadap kasus itu.

"Tapi akhirnya dihentikan karena kasusnya sudah terlalu lama. Saya dipanggil polisi, ditanya targetnya apa, ya saya bilang saya nggak punya target. Ditanya lagi apa harus dihukum? Saya jawab nggak perlu, akhirnya dihentikan," jelasnya.

Sejak saat itu, Prof Dr Imam Suprayogo mengakui telah memberikan maaf kepada Zainuddin. Namun dirinya memberikan syarat agar perbuatan tersebut tidak diulangi lagi oleh Zainuddin.

"Wong dia itu yang bawa ke kampus juga saya," bebernya.

Sementara itu, Subaryo yang saat itu pihak yang melaporkan, ketika dihubungi mengatakan jika surat itu dibuat dan ditandatangani oleh yang bersangkutan, yang artinya dalam hal ini adalah Zainuddin.

"Sudah benar, tanyakan saja kepada beliaunya. Begitu dia mengatakan tidak, itu sebuah kejahatan mas," pungkasnya.

Sebelumnya, ramai beredar di media sosial WhatsApp sebuah foto surat perihal permohonan maaf yang tertandatangani atas nama Zainuddin. Surat tersebut terkait memasukkan naskah dari karya tulis Prof Dr H Imam Suprayogo ke dalam karya Zainuddin tanpa mencantumkan nama dalam daftar pustaka.

Topik
Guru Besar UIN MALIKI MalangWR I UIN MalangUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru