UIN Maliki Malang Diminati Mahasiswa Dunia (4)

Kiat KUI Turut Andil hingga UIN Malang Miliki Mahasiswa Asing Terbanyak di PTKIN

Mar 18, 2021 17:35
Dari Kiri: Asisten Bidang Sistem Informasi, Muhammad Faruq MPD I, Direktur KUI Imron Rossidy S Th MEd dan Asistem Bidang Keimigrasian Halimah Dwi Putri SE (doc MalangTIMES)
Dari Kiri: Asisten Bidang Sistem Informasi, Muhammad Faruq MPD I, Direktur KUI Imron Rossidy S Th MEd dan Asistem Bidang Keimigrasian Halimah Dwi Putri SE (doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Banyaknya mahasiswa asing Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang, menjadikannya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan mahasiswa asing terbanyak. Hal ini tak lepas dari upaya dari Kantor Urusan Internasional (KUI) dengan berbagai program.

Direktur KUI Imron Rossidy S Th MEd melalui Asisten Bidang Sistem Informasi Muhammad Faruq MPd I menjelaskan, dalam upaya menjaring mahasiswa asing, UIN MALIKI Malang selalu aktif mengikuti pameran-pameran pendidikan di luar negeri. Seperti yang diikuti sebelumnya, yakni penyelenggaraan Program East Java Exploration sebagai bagian dari program konsorsium Western Australia and East Java Universities Consortium (WAEJUC) untuk mengenalkan UIN MALIKI Malang.

Upaya pengenalan maupun promosi UIN Maliki Malang juga dilakukan dengan menyebarkan informasi melalui berbagai media massa yang menjangkau dunia internasional.

"Itu untuk promosinya menarik minat para mahasiswa asing," bebernya beberapa waktu lalu saat ditemui di KUI.

Selain itu, dalam mengaungkan UIN MALIKI Malang hingga ke seluruh penjuru dunia, UIN MALIKI Malang juga memanfaatkan link pada kedutaan-kedutan besar serta juga melalui para alumni yang telah lulus dan pulang kembali ke negaranya untuk mengenalkan UIN MALIKI Malang.

Lebih lanjut dijelaskannya, selain berupaya melakukan promosi dan penjaringan mahasiswa asing secara optimal, pelayanan terhadap para mahasiswa asing setelah mereka tiba di Indonesia juga sangatlah maksimal.

KUI UIN MALIKI Malang memberikan pelayanan satu pintu, bilamana para mahasiswa asing mengalami permasalahan. Seperti halnya keimigrasian dan yang lainnya, mereka bisa datang ke KUI. Hal ini tentunya juga sebagai bentuk pelayanan optimal yang diberikan oleh UIN MALIKI Malang.

"Jika ada masalah, mereka bisa ke sini, kita akan upayakan bantu. Misalnya seperti imigrasi. Sehingga mereka tidak usah ke imigrasi lagi. Makanya untuk memberikan pelayan yang optimal ini, dibentuklah KUI. Kalau sebelumnya kan ngurus hal-hal itu mereka sendiri, harus kesana-kemari," jelasnya.

Pelayanan yang diberikan juga semakin memanjakan para mahasiswa asing. Para mahasiswa asing tak perlu repot-repot datang ke kantor. Segala Informasi maupun pelayanan juga bisa dilakukan melalui website yang telah tersedia.

Sementara itu, selama pandemi, UIN MALIKI Malang masih menerima dan menjaring para mahasiswa asing yang ingin mendaftar. Untuk semakin menarik, UIN MALIKI Malang bekerjasama dengan berbagai pihak juga menyediakan beasiswa.

Beasiswa yang diberikan tersebut, untuk semua jurusan, kecuali untuk kedokteran. Mereka yang terjaring dan mendapatkan beasiswa juga berasal dari berbagai negara.

"Sebelumnya ada mahasiswa yang dapat beasiswa di masa pandemi ini, jumlahnya ada 30-an mahasiswa. Tapi karena saat ini pandemi, mereka tidak bisa ke sini, mereka layanannya online," bebernya.

Dalam kesempatan sebelumnya, sempat diungkapkan KUI memiliki 20 program membuat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bereputasi internasional. 20 program tersebut yakni:

1. Internasionalisasi perguruan tinggi, yaitu mengkoordinasikan kegiatan internasionalisasi program studi.

2. Memelihara dan mengembangkan kerjasama internasional dengan mitra dan lembaga Internasional.

3. Menginisiasi Kerjasama dengan berbagai lembaga dan universitas luar negeri.

4. Mengaktifkan MoU dengan mitra lembaga dan universitas luar negeri.

5. Mengorganisasi berbagai program budaya dan pendidikan bagi mahasiswa luar negeri: International student summer program, International Expo Educational Program, Orientasi mahasiswa internasional, Festival kuliner internasional, International Day/Night, Pelangi Nusantara, Character Building, Leadership Program Student, Lecturer, and Staff Exchange Program.

6. Mendukung kegiatan internasional yang diadakan oleh universitas seperti, pertemuan konsorsium universitas, workshop bersama dengan lembaga-lembaga akademik Internasional, Seminar Internasional, Membantu penerimaan, ijin, asuransi, akomodasi bagi mahasiswa internasional, Focus Group Discussion KUI PTKIN.

7. Memberikan asistensi, saran, dan informasi bagi mahasiswa internasional, untuk tinggal, studi,  dan mengadakan riset; membantu urusan visa dan perijinan.

8. Mendukung penyelenggaraan kelas internasional dan internasionalisasi program studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan membantu penyediaan  guest lecturer beserta monitoring dan evaluasi penyelenggaraannya.

9. Membantu penyediaan bahan ajar berbahasa Inggris dan bahasa Arab yang berkualitas.

10. Mengkoordinasi kunjungan pimpinan universitas dan fakultas ke luar negeri dalam rangka  pengembangan kerjasama.

11. Memperbarui prospektus universitas dalam bahasa internasional untuk keperluan promosi dan pengenalan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  di luar negeri.

12. Menyebarluaskan informasi tentang peluang studi lanjut ke luar negeri untuk sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

13. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  dalam rangka percepatan internasionalisasi institusi atau lembaga.

14. Membangun kerjasama dan kegiatan implementasinya dengan mitra dalam dan luar negeri.

15. Digitalisasi data kerjasama internasional dengan institusi baik pemerintah maupun swasta luar negeri serta menggunakan data tersebut untuk kepentingan pengembangan kerjasama.

16. Mengkoordinasikan kegiatan penyambutan tamu-tamu internasional yang berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang;

17. Mengkoordinasikan dan memfasilitasi layanan untuk mahasiswa asing berupa pengenalan kebudayaan dan bahasa Indonesia serta urusan keimigrasian.

18. Mendukung kegiatan ilmiah tenaga pendidik dengan memberikan dukungan untuk mempresentasikan hasil penelitian di konferensi internasional.

19. Mengkoordinasikan kegiatan benchmarking penyelenggaraan pendidikan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan universitas di luar negeri bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

20. Mengkoordinasikan pertemuan-pertemuan ilmiah (konferensi/seminar) internasional tingkat universitas yang dilaksanakan di Lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

 

Topik
UIN Maliki Malangkantor urusan internasional uin malangkiat jaring mahasiswa asingdirektur kui uin malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru