5 Kota Kuno Terkubur di Dasar Laut, Ada yang Bisa Dilihat Tanpa Menyelam

Mar 18, 2021 08:58
Potret kota kuno yang terkubur di dasar laut (Foto: Sidul Tube)
Potret kota kuno yang terkubur di dasar laut (Foto: Sidul Tube)

MALANGTIMES - Keberadaan kota di dalam laut tentu bukan kabar baru. Sampai saat ini, banyak peneliti dan arkeolog di seluruh dunia yang mencoba menyibak fakta dari hasil temuan yang ada di dasar laut. Temuan-temuan itupun terus digali untuk mengetahui secara detail kondisi di masa lalu.

Bahkan, saat ini banyak arkeolog di seluruh dunia yang berhasil menyibak fakta tentang kota tua yang dulunya termasyur. Dari hasil penggalian yang dilakukan, beberapa fakta menunjukkan jika kota-kota ternama tersebut kini berada di dasar laut. Beberapa berpendapat jika kota-kota besar yang ada pada masa periode tertentu itu telah tertutup oleh laut.

Berikut ini 5 kota ternama yang kini berada di dasar laut dilansir dari channel YouTube Sidul Tube.

1. Baiae, Italia

Kota ini dikenal sebagai pusat mode di masa Romawi. Selain itu juga dijadikan sebagai kota singgah untuk berlibur. Disebutkan jika penduduk kota tersebut sebagian besar meninggal dunia karena wabah malaria. Selain itu, aktivitas gunung berapi membuat sebagian wilayah kota ternama ini tenggelam ke dasar laut.

2. Pavlopetri, Yunani

Situs kota ini ditemukan di dasar laut oleh para arkeolog. Dalam temuannya itu, bahkan para arkeolog tidak hanya mendapatkan fakta mengenai reruntuhan bangunan. Melainkan juga jalan, rumah, dan kuburan. Kehancuran kota tersebut dikatakan lantaran gempa bumi yang dahsyat. Situs ini kini dilindungi UNISCO.

3. Dwarka, India

Kota ini disebut sebagai salah satu kota penting pada masa kuno India. Karena kota tersebut diyakini sebagai tempat tinggal Krishna, Dewa di India. Sampai saat ini, penelitian terkait kota yang diperkirakan dibangun pada 3 ribu hingga 5 ribu Sebelum Masehi masih dilakukan.

4. Pori Royal, Jamaika

Kota ini dikenal sebagai kota hitam. Di sana, tempat persinggahan bajak laut dan foya-foya. Dikarenakan gempa bumi dan kebakaran hebat dan banjir besar, membuat kita tersebut terendam hingga ke dasar laut.

5. Olous, Yunani

Olous merupakan kota Yunani kuno yang diyakini didirikan sebelum abad ke 2 SM. Di awal penemuannya, arkeolog menemukan banyak peninggalan seperti pemakaman dan benda lain di dasar laut. Saat cuaca baik, maka dasar dinding yang terkubur air laut tersebut bisa dilihat tanpa harus menyelam.

Topik
Kota KunoKota Kuno Terkubur di Dasar Lautkota di dalam laut

Berita Lainnya

Berita

Terbaru