Perdana, KA Arjuno Ekspres Surabaya Gubeng-Malang Sementara Beroperasi saat Akhir Pekan

Mar 17, 2021 17:11
Gerbong Kereta Api Arjuno yang sedang beroperasi. (Foto: Humas PT KAI Daop 8 Surabaya) 
Gerbong Kereta Api Arjuno yang sedang beroperasi. (Foto: Humas PT KAI Daop 8 Surabaya) 

JATIMTIMES - Secara perdana PT KAI (Kereta Api Indonesia) Daop (daerah operasional) 8 Surabaya telah meluncurkan relasi kereta api baru yakni Kereta Api Arjuno Ekspress dengan jalur Surabaya Gubeng-Malang PP yang akan tersedia dan dapat digunakan oleh para penumpang pada saat akhir pekan. 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menuturkan bahwa tersedianya jalur Kereta Api Arjuno Ekspress untuk memberikan pelayanan prima kepada para calon penumpang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

Luqman menambahkan, untuk Kereta Api Arjuno Ekspress dengan relasi Surabaya Gubeng-Malang PP yang diluncurkan secara perdana sementara waktu akan tersedia pada tanggal 19, 20, 21 dan 22 Maret 2021. 

"Sementara memang (beroperasi, red) weekend dulu. Nanti dievaluasi kembali operasionalnya mas," ujarnya kepada pewarta, Rabu (17/3/2021). 

Lanjut Luqman bahwa rangkaian Kereta Api Arjuno Ekspres terdiri dari 8 gerbong kereta eksekutif dengan kapasitas tempat duduk penumpang menyesuaikan dengan ketentuan protokol kesehatan sehingga memiliki kapasitas 280 penumpang. 

"Kereta Api Arjuno Ekspress relasi Surabaya Gubeng-Malang memiliki rute pemberhentian di beberapa stasiun yaitu Stasiun Sidoarjo, Lawang dan berakhir di Malang. Waktu tempuh dari Surabaya ke Malang kurang dari 2 jam," ungkapnya. 

Sementara itu untuk tiketnya sendiri, Luqman menyampaikan bahwa masyarakat sudah bisa memesan tiket Kereta Api Arjuno Ekspress untuk jadwal keberangkatan Bulan Maret 2021. 

Pemesanannya sendiri dapat melalui aplikasi yang telah tersedia. Di antaranya aplikasi KAI Access, situs kai.id dan channel pembelian online lainnya. 

Selain itu, untuk mencegah persebaran Covid-19 pada klaster stasiun maupun kereta api, dikatakan Luqman bahwa pihaknya telah menetapkan peraturan terkait penerapan protokol kesehatan dengan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Lalu terkait aturan penyertaan surat bebas atau negatif Covid-19, disampaikan Luqman bahwa calon penumpang Kereta Api Arjuno Ekspress termasuk dalam jenis Kereta Api Lokal Komersial. 

"Sehingga pelanggan yang akan naik tidak perlu surat keterangan bebas Covid-19, namun penggunaan masker tetap wajib saat di dalam kereta dan diimbau mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket," tandasnya. 

Sebagai informasi bahwa beberapa kebijakan terkait penerapan protokol kesehatan, merupakan upaya dan komitmen dari PT KAI Daop 8 Surabaya untuk membantu pemerintah dalam rangka memutus persebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api.

Topik
KA arjuno ekspressKA daop 8

Berita Lainnya

Berita

Terbaru