8 Lapangan Sepak Bola Terunik di Dunia, Ada yang Dilewati Rel Kereta Api

Mar 13, 2021 18:08
Stadion unik di Slovakia yang dilewati rel kereta api (Istimewa).
Stadion unik di Slovakia yang dilewati rel kereta api (Istimewa).

INDONESIATIMES - Lapangan sepak bola bukan hanya sekedar sebuah tempat untuk berolahraga dan pertandingan besar. Tak jarang, lapangan sepak bola juga menjadi ikon kebanggaan sebuah negara. Itu sebabnya, tak sedikit negara yang rela merogoh kocek besar untuk membangun stadion kebanggaan mereka.

Namun terlepas dari itu, ternyata ada banyak stadion atau lapangan sepak bola di dunia yang memiliki keunikannya sendiri. Bahkan, ada diantara stadion itu yang dilewati oleh rel kereta api loh. Kebayang nggak sih, bagaimana penampakan dari stadion yang dilewati oleh rel kereta api itu? 

Dilansir dari channel YouTube The Shiny Peanut, setidaknya ada 8 lapangan sepak bola yang memiliki keunikan dan tersebar diberbagai dunia. Berikut ini deretan lapangan sepak bola unik tersebut.

1.Sapporo Dome, Jepang
 


Stadion ternama di Jepang ini tak hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola. Melainkan juga untuk pertandingan baseball. Stadion ini memiliki kapasitas mencapai 41 ribu orang lebih untuk sepak bola dan baseball.

Lantaran bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola dan baseball, maka lapangan ini juga dikenal sebagai lapangan geser. Karena lapangan ini memiliki dua permukaan yang berbeda. Saat pertandingan baseball, lapangan akan menggunakan rumput sintetis. Namun, saat digunakan pertandingan sepak bola, akan digunakan rumput alami. 

Permukaan itu bergeser masuk dan keluar sesuai dengan kebutuhan. Canggih banget bukan.

2. Stadium Henniingsvaer, Norwegia
 


Stadion ini unik lantaran batas luar stadion hanya dibatasi dengan aspal dan jalan. Stadion tersebut hanya untuk latihan atau pertandingan sepakbola amatir. Namun lapangan tersebut sangat menakjubkan karena didesain ciamik dan berada di sebuah desa kecil di tengah pulau di Norwegia.

Selain untuk sepak bola, pemandangan sekitar lapangan sangat indah. Lantaran jumlah penduduk di pulau tersebut hanya mencapai 500 jiwa, maka aspal yang menjadi pembatas stadion bisa digunakan untuk menonton sekaligus parkir. Di sekitar stadion juga ada bebatuan yang melindungi.

3. Stadion Ottmar Hitzfeld, Swiss
 


Stadion ini berlokasi di pinggir tebing dan tak memiliki gawang. Melainkan jaring dipasang di setiap sudut agar bola tak jatuh ke tebing.
Lokasi ini memiliki pemandangan indah sebagaimana desa yang ada di Swiss. Nama lapangan sendiri diambil dari legendaris sepakbola dari Swiss yang dinilai sangat berjasa.

4. Marina Bay Stadium, Singapura
 


Stadion ini merupakan stadion terapung di dunia yang berukuran 120 meter kali 93 meter. Stadion terapung ini bisa menampung hingga 9 ribu orang dengan kapasitas duduk hingga 30 ribu orang. Lapangan ini tidak hanya untuk pertandingan sepak bola, melainkan juga biasa digunakan untuk pertunjukan seni, konser musik, hingga acara nasional.

5. Stadion Eidi, Kepulauan Farrel
 


Stadion Eidi ini hanya terletak beberapa meter saja dari Samudera Atlantik. Stadion ini tidak banyak memiliki kursi penggemar. Lapangan ini untuk pemain semi profesional di kota tersebut. Sebagian besar untuk kompetisi tingkat desa atau pertandingan persahabatan.

6. Stadion DB, Rusia
 


Stadion ini terletak di tengah hutan tak jauh dari Taman Nasional Moskva. Belum diketahui tim sepak bola mana yang bermain di lapangan yang dipenuhi dengan pepohonan rindang tersebut. Stadion ini memiliki keunikan lantaran letaknya di tengah hutan dengan pemandangan yang sangat indah.

7. Stadion Janguito Malucelli, Brazil
 


Lapangan sepak bola ini menggunakan green konsep. Pemandangan sekitar stadion sangat hijau dan kayu yang digunakan adalah recycle. Stadion ramah lingkungan ini dibuat lantaran keprihatinan atas isu pemanasan global. Stadion ini mampu menampung hingga 6 ribu penonton.

8. Dubroc Stadium, Slovakia
 


Stadion ini satu-satunya yang dilintasi rel kereta api. Dulunya rel kereta api tersebut digunakan untuk mengangkut kayu dari hutan ke pemukiman warga. Tapi saat ini digunakan untuk mengangkut turis yang berwisata. Lintasan sejauh 132 kilometer tersebut melintasi tiga lokasi yang berbeda. Kemudian stadion Dubroc menjadi tujuan terakhir. Letak perlintasannya di atas stadion sejajar dengan tempat duduk penonton. Sehingga kereta melintasi di tengah keramaian. Sepertinya seru ya.

Topik
Stadion unik di Slovakiarel kereta api

Berita Lainnya

Berita

Terbaru