Jarang Tampil Usai Didapuk Jadi Ketum Demokrat Versi KLB, ke Mana Moeldoko?

Mar 13, 2021 10:48
Moeldoko (Foto: BeritaSatu.com)
Moeldoko (Foto: BeritaSatu.com)

INDONESIATIMES - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menjadi sorotan publik terkait upaya kudeta terhadap Partai Demokrat (PD) pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Lebih-lebih Moeldoko ditetapkan sebagai ketua umum PD versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang pada Jumat (5/3/2021). 

Namun, usai KLB tersebut, Moeldoko justru seakan menghilang ditelan bumi.  Ia belum kembali terlihat di hadapan publik usai ditetapkan sebagai ketum PD versi KLB.

 Lantas ke mana sebenarnya Moeldoko? Jarangnya muncul Moeldoko di hadapan publik ini lantas menyita perhatian dari pengamat politik, yakni  Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno. Adi menilai, jarangnya Moeldoko muncul di hadapan publik merupakan upaya untuk mengurangi desakan masyarakat terkait posisinya sebagai KSP.  

"Jarangnya Pak Moeldoko bicara bagian dari upaya mengurangi tekanan publik, supaya tidak ada desakan dirinya mengundurkan diri sebagai KSP," ujar Adi.

Lebih lanjut, Adi menduga rata-rata masyarakat yang meminta Moeldoko mundur dari KSP ialah pendukung atau relawan Jokowi. Adi juga menduga Moeldoko kini tengah menimbang-nimbang untung dan ruginya jika sering tampil di publik.  

"Misteri" keberadaan Moeldoko, kata Adi, juga tak luput dari perhatian publik. Menurut dia, banyak publik yang penasaran dengan sikap Moeldoko usai didapuk sebagai ketum PD versi KLB.  

"Publik tidak bisa menangkap secara utuh apa yang sebenarnya menjadi misi besar Pak Moeldoko setelah didapuk jadi ketua umum Demokrat versi KLB," lanjut Adi.

Sebelumnya, PD juga sempat mempertanyakan keberadaan Moeldoko usai KLB digelar. Pasalnya, perwakilan KLB yang justru sering tampil di hadapan publik yakni hanya Darmizal dan Jhoni Allen Marbun.  

"Di manakah Moeldoko? Hiruk pikuk tentang kudeta terhadap Partai Demokrat lebih dari satu bulan terakhir terus menghiasi ruang publik. Keterlibatan orang luar, yaitu KSP Moeldoko, jadi biang kerok penyebab. Namun, di mana dia sekarang?" kata Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution dalam cuitannya.  

Simpang siur keberadaan Moeldoko ini lantas dijawab oleh penggagas KLB  Hencky Luntungan. Ia menyebut kini Moeldoko tenga sibuk melayani rakyat.  

Di sisi lain, pihak KSP juga ikut angkat bicara terkait keberadaan Moeldoko. "Pak Moeldoko ada di kantor," ujar Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Juri Ardiantoro.

Topik
Kisruh Partai DemokratmoeldokoKLB DemokratKepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru