6 Tips Sukses Membangun Bisnis Travel Online

Mar 07, 2021 17:31
ilustrasi (sumber: niagahoster)
ilustrasi (sumber: niagahoster)

INDONESIATIMES - Bagi generasi muda produktif, travelling memang salah satu kegiatan yang menyenangkan. Tak heran kalau akhirnya memunculkan bisnis-bisnis travel yang dikelola oleh milenial dan generasi Z. Meskipun memang pandemi Covid-19 berimbas ke bisnis travelling, asal Anda tetap menerapkan tips sukses bisnis travel dengan tepat, pasti akan tetap cuan.

1. Tentukan Pasar

Tips pertama yang wajib dilakukan jika Anda ingin memulai bisnis travelling adalah dengan menentukan pasar. Misalkan saja Anda fokus menjadi biro travel perjalanan ibadah, agen wisata ke luar negeri atau paket perjalanan wisata secara backpacker. Dengan memiliki niche atau pasar secara jelas, Anda akan dengan mudah menetapkan strategi bisnis travel.

2. Tentukan Target dan Rencana Bisnis

Kalau sudah tahu seperti kondisi pasar dan calon konsumen, maka Anda bisa menentukan target dan rencana bisnis ke depannya. Tentu di awal pendirian bisnis apalagi di masa pandemi dan perekonomian resesi, Anda tak bisa menetapkan target yang terlalu tinggi. Lakukan riset mendalam mulai dari memahami kompetitor, keinginan pasar sampai keuangan bisnis.

Baru setelah itu Anda bisa menentukan setinggi apa target penjualan, produk paket wisata yang ditawarkan termasuk harga dan bagaimana cara pemasarannya secara tepat.

3. Bangun Branding

Tips sukses bisnis travel berikutnya adalah dengan membangun branding. Anda harus tahu bahwa bisnis travelling sangatlah banyak. Karena itu kalau branding bisnis yang Anda bangun biasa-biasa saja, akan sulit bersaing dan menarik perhatian pasar. karena itu buatlah logo, tentukan nama hingga tema warna bisnis secara maksimal dan khas supaya mudah diingat.

4. Pilih Lokasi Kantor

Meskipun memang kini zaman sudah serba online, tetap saja bisnis travel membutuhkan lokasi kantor resmi agar calon konsumen makin yakin. Dengan adanya lokasi kantor, calon konsumen bisa datang dan bertanya lebih jauh soal produk paket wisata yang Anda tawarkan. Keberadaan kantor ini juga memungkinkan bisnis travel bisa dikelola secara waralaba.

5. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial hingga saat ini masih menjadi salah satu platform terbaik untuk menawarkan bisnis. Untuk itu pastikan bisnis travel Anda memiliki akun media sosial resmi. Pastikan bikin konten promosi yang berkualitas dan mempertimbangkan untuk menyewa jasa influencer, agar bisnis travel yang dikelola makin dikenal masyarakat umum.

Media sosial yang bisa dipilih sebagai ajang promo bisnis travel pun sangat banyak mulai dari Instagram, Twitter hingga Facebook. Jika perlu, sewa tenaga khusus untuk promosi di media sosial agar hasil maksimal.

6. Maksimalkan Website

Dan inilah tips sukses bisnis travel yang terakhir sekaligus yang terpenting yakni memiliki dan memaksimalkan website. Yap, website adalah pondasi terpenting dalam setiap bisnis online. Lewat website, bisnis travel online jelas akan terlihat makin profesional karena Anda bisa menawarkan berbagai konten promosi.

Dengan adanya website, calon konsumen bisa memperoleh informasi produk paket wisata kapanpun dan di manapun. Apalagi kalau website itu didesain interaktif dengan tampilan yang menarik dan tentunya domain unik. Jangan remehkan soal domain, karena domain unik justru bisa membuat bisnis makin dikenal.

Memahami bahwa domain punya pengaruh besar dalam website bisnis, Niagahoster pun hadir sebagai layanan jual domain murah terbaik. Anda bisa memilih berbagai macam domain dengan banyak pilihan ekstensi, tentunya harga terjangkau. Nanti setelah domain sudah terpilih, Anda tinggal membangun website dan menerapkan tips sukses bisnis traveldengan tepat.

 

Topik
tips bisnis travel onlineBisnis Travel Online

Berita Lainnya

Berita

Terbaru