Azab bagi Pendosa, Ada yang akan Mendapatkan Siksaan Terus-Menerus

Feb 26, 2021 08:58
Ilustrasi siksa neraka (bincangmuslimah)
Ilustrasi siksa neraka (bincangmuslimah)

MALANGTIMES - Setiap manusia akan mati. Jika sudah sampai waktunya, tak ada satu orang pun mampu menghalangi. Dan setelah kematian, akan ada azab maupun nikmat kubur. Apakah azab akan berlangsung selamanya?, Siapa sajakah yang akan mendapatkan siksa kubur?, Dan bisakah kita mengetahui seperti apa azab kubur?.

Setelah kematian, bukan berarti selesai segala urusan. Kematian seseorang merupakan akhir kehidupan di dunia. Terdapat kehidupan lain yang itu terjadi setelah fase berada dalam kubur. Dan jika lolos melaluinya perjalanan selanjutnya akan lebih mudah.

Sesuai Sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya kuburan itu adalah rumah (tempat singgah) pertama menuju akhirat. Jika seseorang selamat di sana, maka apa yang setelah itu akan lebih ringan. Kalau ia tidak selamat di sana, maka tahapan yang setelah itu akan lebih berat," (Sahih Muslim).

Azab kubur, diketahui diperuntukkan untuk hambanya yang memang seringkali berbuat jahat saat masih hidup. Dan siksaan itu pun terdapat yang berlangsung secara terus-menerus dan terdapat yang berlangsung hanya sementara. Azab kubur yang secara terus-menerus dibuktikan dengan firman Allah SWT.

"Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang sangat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang. Dan pada hari terjadinya kiamat (dikatakan kepada malaikat), masukanlah Firaun dan kaumnya kedalam azab yang sangat keras," (QS Al Mumin 45-46).

Terdapat pendapat yang percaya bahwa siksa kubur hanya berlangsung sementara, bahwa azab akan diringankan atau berkurang jika benda yang ditancapkan Rasulullah belum berubah. Hal ini dikuatkan dengan sebuah hadis saat Rasulullah melewati dua makam dan berkata, "sesungguhnya mereka sedang diazab. Tidaklah mereka diazab karena perkara yang besar (menurut pandangan mereka). Adapun salah satunya, mereka tidak melindungi diri dari air kencing. Sedangkan yang lain dia suka berbuat namimah (adu domba).

Kemudian beliau mengambil pelepah kurma basah dan membelahnya (secara vertikal) dan menancapkan Setiap belahan ke masing-masing makam. Para sahabat berkata, 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan hal ini ?', Rasulullah, 'semoga mereka diringankan azabnya, selama (pelepah kurma ini) belum mengering," (Muttafaq alaih).

Orang-orang yang akan diazab terus-menerus, siapakah mereka?

Orang-orang berdosa akan menerima balasan setimpal. Alah satunya dengan menerima siksaan dalam kubur. Dalam kitab Al Imanu Dima Ba'dal Maut. Adapun orang-orang yang berbuat maksiat namun beriman maka diantara mereka akan ada yang diazab secara terus menerus sampai hari kiamat dan ada yang diazab sementara waktu lalu selesai.

Ya, semua yang didapatkan tentunya ada sebab dan akibat. Bisa saja, mereka yang mendapatkan azab sementara karena dosa kecil yang ia lakukan atau juga tertolong oleh perbuatannya baiknya seperti doa, istighfar, sedekah.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam Ar Ruh menjelaskan, bahwa siksaan (azab sementara) jenis ini bisa diringankan atau bahkan diputus dengan doa sedekah, istighfar, bacaan doa yang diberikan oleh keluarga atau juga dengan pahala berhaji.

Lalu benarkah doa bisa meringankan azab?

Mendoakan orang yang telah meninggal mempunyai manfaat. Seorang malaikat akan mendatangi mereka didalam kubur dan mengatakan bahwa,"wahai penghuni kubur yang terasing, ini (doa) adalah hadiah dari saudaramu untukmu".

Hal ini juga dibenarkan oleh cerita Ahmad bin Yahya kepada Ibnu Abi Ad Dunya. Ahmad bin Yahya bercerita bahwa temannya pernah bercerita tentang saudaranya yang telah meninggal. Teman Ahmad bin Yahya pernah bermimpi dan langsung bertanya kondisinya didalam kubur.

"Bagaimana kondisimu ketika kau masuk ke dalam kubur ?", Lalu dijawab, "ada seseorang yang mendatangiku dengan bara api di tangannya. Andai tidak ada seseorang yang mendoakan ku, maka aku pasti telah dipukul dengan bara api oleh orang tersebut".

Allah terkadang memperlihatkan siksa kubur kepada manusia. Hal ini sesuai dengan penjelasan Ibnu Abik Izzi dalam kitab Syarh Aqidah Ath Thahawiyah. Dia berkata " terkadang Allah perlihatkan di dunia (azab kubur) perubahan hal-hal ajaib dengan kemampuan-Nya dan hal ini lebih memberikan pengaruh lebih banyak. Allah mampu menampakkan hal ini pada sebagian hamba-nya dan tidak menampakkan pada lainnya,".

Rasulullah SAW sebagai orang yang mengetahui azab kubur, memberikan peringatan kepada umatnya. Berbicara kengerian azab kubur, Usman Bin Affan pernah menyaksikan Rasulullah bersabda mengenai hal itu, " Tidak pernah aku melihat pemandangan yang lebih mengerikan sama sekali, melainkan kuburan lah yang paling mengerikan," (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Itulah tadi kisah mengenai azab kubur dan orang-orang yang pantas mendapatkannya yang dirangkum dari Islam Populer dan beberapa sumber lain. Ya, gambaran kisah tadi, tentunya diharapkan memberikan manfaatnya baik untuk kita semua dalam menjalani kehidupan dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Topik
siksa kuburazab kuburRasulullah SAWsabda Rasulullah SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru