Ingin Poligami, Ini Syarat Mutlak yang Harus Dipenuhi

Feb 21, 2021 19:58
Ilustrasi poligami (foto: istimewa)
Ilustrasi poligami (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Masyarakat yang ingin melakukan poligami saat ini harus menyertakan daftar asetnya sebagai syarat wajib. Hal tersebut diungkapkan oleh Pengadilan Agama (PA) Negeri Kabupaten Malang. “Hal itu untuk mengantisipasi jika suatu saat seseorang yang hendak berpoligami tidak adil kepada istri tuanya,” ungkap Humas PA Negeri Kabupaten Malang, Muhammad Ghazali saat ditemui beberapa waktu lalu.

Membahas poligami tentunya sangat menarik, selain menjadi fenomena yang jarang dilakukan, juga mengandung pro kontra bagi sebagian masyarakat. Oleh karena itu, pria yang punya niat untuk melakukan poligami nampaknya saat ini harus pikir-pikir dulu.

Sebelumnya, syarat mutlak untuk melakukan poligami menurut Ghazali hanya tanda persetujuan dari istri pertama namun, saat ini laporan jumlah aset itu juga menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh pelaku poligami. “Kalau jumlahnya tergantung keputusan hakim. Yang pasti aset itu cukup untuk menghidupi istri tua bersama anaknya,” katanya.

Aturan tersebut diakui Ghazali dikeluarkan akibat mayoritas penghasilan suami biasanya didominasi atau bahkan dikuasai oleh istri muda. “Dengan aturan ini, potensi (penghasilan suami dikuasai istri muda, Red) itu kemungkinan bisa ditekan,” tuturnya.

Di Kabupaten Malang sendiri, orang yang melakukan poligami sepanjang tahun 2020 jumlahnya sebanyak 9 orang. Sedangkan pada Januari 2021 lalu juga sudah ada 1 orang yang mengajukan izin berpoligami tersebut. “Kebanyakan orang yang berpoligami itu mayoritas adalah pria yang punya tingkat ekonomi menengah ke atas,” pungkas Ghazali.

Topik
Berita Malang Kasus poligami syarat poligami PA Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru