Komitmen Lakukan Penghijauan, 11 Ribu Pohon Bakal Ditanam Pemkot Malang

Feb 07, 2021 14:49
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon di kawasan TMP Untung Suropati (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon di kawasan TMP Untung Suropati (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Malang begitu berkomitmen untuk melakukan penghijauan kawasan Kota Malang. Tak tanggung-tanggung, 11 ribu pohon pule, ditargetkan bakal ditanam tersebar di seluruh wilayah Kota Malang.  

Dari target 11 ribu pohon pule yang tertanam, saat ini Pemkot Malang telah melakukan penanaman pohon pule sebanyak 2693 pohon.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko menjelaskan, hal ini merupakan komitmen pemerintah dalam menjaga kelestarian alam, khususnya di wilayah Kota Malang. Bahkan komitmen tersebut telah dimulai Pemkot sejak dahulu dan terus akan menjadi komitmen untuk masa yang akan datang.

"Pertama kali menanam kan pada tahun 2019. Saat itu bertepatan Hari Santri tanggal 22 Oktober 2019 di Pondok Pesantren Al Hayatul Islamiyah hingga saat ini terus kita gencarkan hingga sampai jumlah pohon yang ditanam 2693," ungkapnya, saat ditemui di sela penanaman pohon di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Minggu (7/1/2021).

Dengan terus bertambahnya jumlah pohon yang ditanam, pihaknya berharap agar kebermanfaatan dari pohon-pohon yang ditanam semakin besar untuk kelestarian alam yang berimbas juga pada kemaslahatan masyarakat.

Wawali Sofyan Edi juga berharap melalui kegiatan penanaman pohon, ke depan dapat menjadi kebiasaan baru yang akhirnya dapat membentuk pendidikan karakter bagi generasi muda.

"Semakin baik kondisi udara di Malang, alamnya semakin lestari dan tentu keindahan kota juga akan semakin baik. Namun yang lebih penting adalah budaya menanam pohon ini bisa menjadi karakter dari arek-arek Malang," terang pria yang akrab disapa Bung Edy ini.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat bersama-sama ikut dalam upaya pelestarian alam. Sebisa mungkin diharapkan agar masyarakat memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada untuk melakukan penghijauan. Sebab, sepeti diketahui, jika penghijauan tak bisa dilakukan secara instan, namun memerlukan proses yang lama.

"Ada yang di wilayah kampung-kampung dan lokasi yang lainnya. Selama masih ada lahan dan bisa ditanami, terus warga ingin menanam kita akan kasih bibit pohon," jelasnya.

Sebelumya, Wakil Wali Kota Malang bersama jajaran terkait telah melakukan penanaman di beberapa lokasi baru-baru ini. Seperti halnya di kawasan makam Taman Bahagia, di kawasan SDN Purwantoro 6, dan hari ini di kawasan TMP Untung Suropati.

Topik
penanaman pohonpenanaman pohon kota malangpenanaman pohon pule di kota malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru