Terapkan E-Parking, Pemasukan dari Stadion Gajayana Naik Drastis, Sehari Tembus Rp 5 Juta

Feb 05, 2021 18:53
Salah satu pengunjung yang menggunakan fasilitas e-parking di parkir barat Stadion Gajayana Kota Malang. (Foto: Dok. JatimTIMES) 
Salah satu pengunjung yang menggunakan fasilitas e-parking di parkir barat Stadion Gajayana Kota Malang. (Foto: Dok. JatimTIMES) 

MALANGTIMES - Pengoperasian layanan e-parking di pintu parkir barat Stadion Gajayana dan MOG (Mall Olympic Garden) mendongkrak pendapatan berlipat-lipat. Sejak diberlakukan selama satu bulan sejak tanggal 4 Januari 2021 hingga 4 Februari 2021, ada pemasukan sebesar Rp 120 juta. Rata-rata dalam satu hari terkumpul Rp 4 juta. Bahkan, dalalm hari-hari tertentu bisa tembus sampai Rp 5 juta. 

Perolehan itu, jauh sekali dibanding sebelum penggunaan e-parking. Sebelumnya, dalam sehari pendapatan hanya antara Rp1m1 juta sampai Rp 1,2 juta. 


Kepala Bidang Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Mustaqim Jaya mengungkapkan bahwa layanan e-parking tersebut memberikan peningkatan pendapatan yang cukup signifikan. Dalam sehari jika dirata-rata dapat meraup pendapatan antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. 

"Pemasukan tertinggi bisa sampai Rp 5 juta, biasanya di hari Sabtu atau Jumat kalau tidak hujan. Orang banyak berkunjung ke MOG. Pendapatan sampai 4 Februari mencapai Rp 120 juta lebih," ungkapnya ketika dihubungi pewarta, Jumat (5/2/2021). 

Lanjut Mustaqim bahwa pendapatan dari layanan e-parking tersebut naik empat kali lipat lebih dari sebelum dipasang layanan e-parking. "Kalau dulu sebelum Corona sehari sekitar Rp 1,1 hingga 1,2 juta. Saat Corona perhari Rp 700 ribu. Sekarang (ada e-parking, red) bisa sampai Rp 3 sampai Rp 4 juta lebih," terangnya. 

Disampaikan Mustaqim bahwa di hari Minggu, pendapatan dari layanan e-parking justru mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh jam buka MOG yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, karena adanya kegiatan pasar pagi di areal parkiran Stadion Gajayana dan MOG.  "Sehingga maksimal pendapatan itu pada hari Jumat dan Sabtu. Saat ini operasionalnya pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujarnya. 

Untuk SDM (sumber daya manusia) yang disediakan untuk membantu pengoperasian layanan e-parking, serta mengatur di dalam areal parkir dikatakan Mustaqim terdapat sebanyak 15 orang. "Untuk tenaga kontrak pelaksananya, jukirnya itu ada 15 orang," katanya. 

Lebih lanjut, Mustaqim mengatakan terkait layanan e-parking yang hingga sampai saat ini masih menggunakan semi elektronik, Dishub Kota Malang telah proses kerjasama dengan Bank Jatim untuk penggunaan e-money. "Rapat kita nanti, akhir Maret kita sudah terapkan e-money itu," terangnya. 

Selain itu, terdapat rencana dari Dishub Kota Malang bersama jajaran terkait untuk menambah titik layanan e-parking di Kota Malang. Hingga sampai saat ini masih dalam persiapan proses pengadaan barang. 

"Kita masih proses pengadaan, kalau gak salah sekitar pertengahan tahun sudah mulai dipasang. In ikan juga harus melalui proses lelang juga. Rencananya nanti di Gedung Kartini, Block Office, Terminal Arjosari, tambahan satu titik lagi di MOG untuk sepeda motor," pungkasnya.

Topik
Berita Malange parking kota malange parking
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru