Membayangkan Saja Merinding, Begini Gambaran Sangkakala Penanda Kiamat

Feb 04, 2021 08:16
Ilustrasi rumah-rumah yang berada dalam sangkakala. (Ist)
Ilustrasi rumah-rumah yang berada dalam sangkakala. (Ist)

MALANGTIMES - Berakhirnya dunia ini ditandai dengan ditiupnya terompet oleh Malaikat Israfil. Terompet tersebut akan ditiup  Israfil jika nantinya telah mendapatkan perintah Allah SWT.

Namun berbicara mengenai terompet kianat tersebut, seperti apakah gambarannya? Apakah sama dengan terompet pada umumnya? Dan apa yang terjadi ketika terompet tersebut ditiup?

Dalam sebuah hadis, terompet atau sangkakala kiamat dideskripsikan Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu. Rasullullah bersabda, "Ketika Allah telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada Malaikat Israfil. Kemudian ia letakkan di mulutnya sambil melihat ke arsy menantikan bukalah ia diperintah. "Saya bertanya, “Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?” Jawab Rasulullah, "Bagaikan tanduk dari cahaya.”

Saya tanya, “Bagaimana besarnya?” Jawab Rasulullah, “Sangat besar bulatannya. Demi Allah yang mengutusku sebagai nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama nafkhatul faza’ (untuk menakutkan). Kedua nafkhatus sa’aq (untuk mematikan). Ketiga nafkhatul ba’ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan)."

Penjelasan mengenai hadis tersebut terdapat dalam Kitab Daqoiqul Akhbar karangan Abdur Rochim bin Ahmad Al-Qodli. Beberapa hal yang dijelaskan,  Allah SWT memberikan terompet kepada Malaikat Israfil untuk ditiup pada hari kiamat tiba. Sangkakala itu memiliki empat cabang. Ada cabang yang di timur, ada cabang di barat, ada juga yang berada di bagian bawah, serta pada bagian atas bumi.

Dari penjelasan itu, bisa tergambarkan bentuk terompet kiamat sangat besar melebihi langit dan bumi. Tanpa disadari, kita hidup dalam sangkakala Malaikat Israfil. Dalam sangkakala itu, terdapat pintu-pintu sejumlah ruh, mulai dari awal hingga akhir makhluk yang diciptakan Allah di langit dan bumi.

Ada juga 70 rumah. Satu rumah untuk ruh para nabi, satu rumah untuk malaikat, satu rumah untuk jin. Begitu pula dengan ruh setan, manusia, hewan dan 70 makhluk.

Lalu, benarkah bumi menyerupai bentuk sangkakala? Terkait hal itu, beberapa tahun silam, para peneliti memiliki gambaran besar  dan bentuk bumi. Penelitian itu dipimpin oleh Profesor Frank Steiner dari Ulm University dengan menggunakan Wilkinson Microwave Anisotropy Prob (WMAB). Mereka menemukan bahwa alam semesta ini berbentuk terompet.

Melalui alat WMAB ini, ditemukan juga mengapa alasan bumi berbentuk terompet. Charles L Bennet, salah satu peneliti di WMAB, mengatakan, hal itu merupakan representasi dari alam semesta yang terjadi dari 13, u miliar tahun lalu.

Namun berbeda dengan pendapat sebelumnya, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengingkari bentuk bumi yang seperti terompet.

Dikutip dari kompasdotcom, bentuk terompet itu bukan bentuk alam semesta, melainkan gambaran model evolusi alam semesta.  Para astronom pernah mempunyai dua model yang menjelaskan evaluasi alam semesta.

Kembali lagi ke terompet Malaikat Israfil. Telah banyak dalil menyebutkan dunia akan berakhir jika sangkakala sudah ditiup. Dalam Al-Qur'an juga telah disebutkan seberapa hebat sangkakala itu. “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka yang datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri (QS An-Naml : 87).”

Dalam Kitab Daqoiqul Akhbar, Hudzaifah bertanya kepada Rasulullah, bagaimanakah keadaan semua makhluk saat sangkalala ditiup? Rasulullah menjawab: Wahai Hudzaifah, demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, ketika sangkalala ditiup, maka tibalah hari kiamat. Seorang pemuda yang telah mengangkat sesuap makanan pada mulutnya tidak bisa memakannya. Pakaian di depannya yang akan dipakai tidak dapat dipakainya. Dan kendi yang berada di mulutnya tidak bisa dia untuk meminumnya, karena telah tiba hari kiamat."

Dan gambaran sangkakala ketika telah ditiup juga terabadikan dalam Al-Qur'an. "Hai manusia, bertakwalah kepada Rabbmu. Ssesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar ( dahsyat). (Ingatlah), pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu,semua wanita yang menyusui anaknya lalai terhadap anak yang disusuinya. Dan semua wanita yang hamil gugur kandungan. Kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal mereka sebenarnya tidaklah mabuk. Akan tetapi azab Allah itu sangat keras" (Surah Al- Hajj ayat 1-2).

Sahabat MalangTIMES, itulah tadi gambaran tentang terompet yang nantinya akan ditiup Malaikat Israfil saat kiamat tiba. Kisah ini dirangkum dari beberapa sumber. Salah satunya Islam Populer.

 Ya kisah yang menggambarkan betapa mengerikannya sangkakala ini membuktikan kebesaran Allah SWT, yang itu jelas telah disampaikan dalam Al-Qur'an. Semoga kita  bisa mengambil hikmah dari kisah gambaran sangkakala ini untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Topik
Terompet KiamatSangkakala Kiamatkisah islami

Berita Lainnya

Berita

Terbaru