Anak 90-an Pasti Tahu, ini Sederet Profesi yang Tergerus Zaman dan Susah Ditemui

Jan 31, 2021 11:44
Deretan profesi yang tergerus zaman. (Foto: berbagai sumber).
Deretan profesi yang tergerus zaman. (Foto: berbagai sumber).

INDONESIATIMES - Bagi kalian anak 90-an tentu nggak asing ya dengan teriakan-teriakan beberapa profesi ini. "Minyaakkkkk .... Susuuuuu...." selalu mewarnai hari-hari kalian.

Bahkan, dulu, teriakan ini seakan menjadi hal wajib yang harus didengar setiap siang hari ataupun sore hari. Ya, para pekerja tersebut berkeliling kampung untuk mengais rizki.

Baca Juga : Dijelaskan Dalam Al-Qur'an, Begini Metode Sederhana Pengobatan Pikun

Tetapi seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, beberapa profesi yang tadinya digeluti masyarakat harus berubah mengikuti zaman atau justru kini seakan malah menghilang.

Mungkin bagi sebagian orang profesi-profesi ini terlihat sepele, tapi yakin tak merindukan mereka? Berikut sederet profesi yang tergerus oleh zaman!

1. Tukang Susu Keliling

(Foto: Ridho Bustami wordpress).

Teriakan "Susuuu....." seakan menjadi pengingat tersendiri ya. Biasanya tukang susu mengayuh sepeda dan rela panas-panasan untuk keliling menawarkan susu aneka rasa buat kalian lho. Profesi ini cukup eksis hingga awal tahun 2.000-an, yang kiranya gaya khasnya pun masih terngiang-ngiang bukan?

Tapi, kini orang beli susu sudah mudah, tinggal ke mini market bahkan ada aplikasi online yang membuatmu tak perlu kemanapun.

2. Tukang Cuci Foto

(Foto: Inkaroad via commons.wikimedia.org).

Zaman dulu kalau mau mencetak foto cukup sulit dan lama ya. Kalian harus menunggu karena proses mencetak foto harus dilalui di ruangan gelap dan khusus.

Profesi ini ada sebelum kemunculan kamera digital. Bahkan, dulu nggak semua tempat bisa mencetak foto. Gulungan film yang digunakan pada kamera analog menjadi ciri khas dari profesi ini, terkesan repot memang dibandingkan saat ini.

Sekarang, profesi ini tergerus karena teknologi yang lebih cepat dan tinggal cetak dengan alat digital yang mumpuni.

3. Tukang Minyak Tanah 

(Foto: source google).

Slogan khas teriakan abang-abang penjual minyak tanah keliling "Miiiiiiiiinnnnnnyyyyaaaaakkkkk" seakan menjadi ciri khas yang tak terlupakan ya. Bahkan sempat dijadikan iklan di TV.

Tukang minyak ini seakan menjadi sahabat para ibu-ibu yang mayoritas menggunakan kompor berbahan minyak tanah. Selain tukang minyak keliling, dulu minyak tanah juga dijual di warung-warung pinggir jalan dalam drum besar.

Tapi kini, profesi ini sudah sulit ditemukan. Terlebih setelah adanya gas LPG, masyarakat lebih dimudahkan dalam penggunaan kompor tanpa ribet.

4. Tukang Cukur Bawah Pohon

(Foto: Romel via id.pinterest.com).

Dulu profesi ini kerap juga dijumpai, tentengan alat cukur selalu dibawa keliling kampung. Biasanya, tukang cukur akan melakukan aksinya dibawah pohon rindang. Sebutan lainnya mangkal di DPR (Di bawah Pohon Rindang).

Harganya yang bersahabat membuat banyak orang menjadikan tukang potong keliling ini favorit di zamannya. Tapi kini, dengan menjamurnya salon dan barbershop, sudah jarang sekali ya ditemui profesi ini.

Topik
Profesi yang Tergerus ZamanTukang Susu KelilingTukang Cuci FotoTukang Minyak TanahTukang Cukur Bawah Pohon

Berita Lainnya

Berita

Terbaru