Hari Ini, Arema Police Sobo Kelurahan Beroperasi Perdana

Jan 26, 2021 15:03
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui awak media di Taman Krida Budaya, Kota Malang, Selasa (26/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui awak media di Taman Krida Budaya, Kota Malang, Selasa (26/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Arema Police Sobo Kelurahan beroperasi secara perdana. Program ini berlangsung selama dua hari dalam satu minggu yakni hari Selasa (26/1/2021) di Taman Krida Budaya dan hari Jumat (29/1/2021) di area Stadion Gajayana sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan bahwa dalam Arema Police Sobo Kelurahan terdiri dari tiga kendaraan yakni Bis SIM (Surat Ijin Mengemudi) keliling, Bis pelayanan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) dan perpanjangan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) serta mobil samsat keliling. 

"Untuk kegiatannya kita mulai jam 08.00 WIB pagi tadi. Alhamdulillah di hari pertama ini berjalan lancar dan masyarakat juga antusias, karena memang sudah kita sosialisasikan pada saat launching kemarin," ungkapnya saat ditemui awak media. 

Terkait pelayanan dari tiga kendaraan tersebut, dikatakan Rama -sapaan akrab Ramadhan Nasution- bahwa memiliki fungsi masing-masing. Mulai dari perpanjangan SIM, pembayaran pajak kendaraan, perpanjangan SKCK hingga pembuatan laporan di SPKT. 

"Pertama SIM keliling perpanjangan SIM di mobil SIM ling A dan bisa juga di SIM ling C. Nanti silahkan masyarakat juga bisa membayar pajak di mobil samling (samsat keliling, red). Ada juga pelayanan dari SKCK dan pelayanan di laporan kehilangan SPKT," jelasnya. 

Perwira dengan satu melati dipundaknya ini menuturkan bahwa tujuan utama dari program Arema Police Sobo Kelurahan yakni mendekatkan polisi dengan masyarakat. Jadi adanya pelayanan-pelayanan di kendaraan Arema Police Sobo Kelurahan ini agar masyarakat tidak harus datang ke kantor Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) Induk Malang Kota di tengah pandemi Covid-19. 

"Jadi pelayanan-pelayanan di mobil ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat tidak harus masyarakat datang ke kantor induk," terangnya. 

Lanjut Rama bahwa masyarakat pun terlihat antusias terkait tiga kendaraan yang memberikan beberapa pelayanan yang berbeda. "Sampai saat ini sudah 27 pemohon SIM yang hadir ditempat SIM keliling ini. Untuk pajak kita pembayaran pajak kurang lebih sekitar 20 lebih. Dari laporan kehilangan dan SKCK kurang lebih ada 15 orang yang sudah hadir di mobil pelayanan kami," bebernya. 

Lebih lanjut Rama mengatakan bahwa untuk kegiatan dari Arema Police Sobo Kelurahan tersebut mentargetkan setiap pelayanan terdapat 50 masyarakat yang menggunakan pelayanan dari Polresta Malang Kota. Dikatakan Rama bahwa setiap agenda Arema Police Sobo Kelurahan akan terus dievaluasi. 

"Masyarakat nanti akan kita evaluasi tiap harinya, kebutuhan masyarakat seperti apa, mungkin jammnya bisa kita panjangkan. Kalau masyarakat antusias, tentunya waktunya akan kita panjangkan jam pelayanannya," katanya. 

Sementara itu, salah satu masyarakat bernama Tri Mahartika yang merupakan warga Taman Sulfat mengatakan bahwa dirinya telah menggunakan dua pelayanan pada program Arema Police Sobo Kelurahan. 

"Kebetulan saya itu mau ngurus (perpanjangan, red) SIM C. Tapi kebetulan disitu tadi ada pelayanan untuk laporan kehilangan, jadi saya sekalian saja disana (mengurus laporan kehilangan, red). Jadi praktis juga," ujarnya. 

Tri berharap bahwa pelayanan dalam program Arema Police Sobo Kelurahan harua terus diadakan, karena untuk mempermudah masyarakat Kota Malang untuk mengurus beberapa administrasi yang berhubungan dengan kepolisian. 

"Apalagi disaat sekarang pandemi ini saya rasa untuk memecah tidak di satu tempat ya. Kita juga bisa preventif menghindari kerumunan di kondisi pandemi seperti sekarang ini. Saya rasa bagus ini cukup untuk membantu masyarakat kita dalam keadaan seperti ini (Covid-19, red)," tutupnya.

Topik
bus arema police sobo kelurahanpolisi sobo kelurahanSatlantas Polres Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru