Satlantas Polresta Malang Kota Sediakan Layanan Perpanjangan SIM dan Samsat Keliling

Jan 22, 2021 16:03
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat dikonfirmasi awak media usai peresmian tiga layanan mobil dari Polresta Malang Kota, Jumat (22/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat dikonfirmasi awak media usai peresmian tiga layanan mobil dari Polresta Malang Kota, Jumat (22/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Untuk memfasilitasi kebutuhan dan memudahkan masyarakat dalam memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) dan membayar pajak kendaraan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota telah menyediakan layanan bus SIM keliling dan mobil samsat keliling. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan bahwa untuk sementara ini layanan bus SIM keliling dan mobil samsat keliling akan bertempat di dua lokasi yang dalam satu minggu bakal dua hari beroperasi yakni hari Selasa dan Jumat dalam melayani masyarakat. 

"Nanti akan kita share infonya pada minggu sebelumnya. Tempat-tempat yang sudah kita dapat izin saat ini, di tempat-tempat besar seperti (pelataran, red) Stadion Gajayana dan di Soekarno-Hatta (taman krida budaya, red)," ungkapnya saat ditemui awak media usai meresmikan tiga layanan publik dari Polresta Malang Kota, Jumat (22/1/2021).  

Satlantas-Polresta-Malang-Kota-Sediakan-Layanan-Perpanjangan-SIM-dan-Samsat-Keliling-20126148c7ceba426.jpg

Lanjut perwira dengan satu melati di pundaknya ini bahwa untuk sementara ini pada hari ini Jumat (22/1/2021) secara perdana masyarakat dapat menggunakan layanan perpanjangan SIM di bus SIM keliling dan mobil samsat keliling di Mapolresta Malang Kota. 

Namun untuk dua tempat yang telah mendapat izin yakni pelataran Stadion Gajayana dan Taman Krida Budaya Soekarno-Hatta (Suhat) akan dimulai pekan depan dan dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Tentunya nanti kita hadir di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat Malang Kota tidak perlu hadir ke Satpas, namun kita yang hadir ke tempat di kelurahan yang ada ataupun pusat keramaian yang ada," katanya. 

Sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan yang dihadirkan opeh jajaran Satlantas Polresta Malang Kota terkait perpanjangan SIM dan pembayaran pajak kendaraan.  

Satlantas-Polresta-Malang-Kota-Sediakan-Layanan-Perpanjangan-SIM-dan-Samsat-Kelilinge0731987d8bd632e.jpg
"Untuk SIM keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C saja, tidak bisa membuat baru, peningkatan tidak bisa dilakukan di sini. Khusus kami peruntukkan bagi warga Kota Malang dengan KTP Kota Malang," ujar perwira yang akrab disapa Rama ini. 

Untuk jam pelayanannya sendiri bakal dilayani sesuai dengan jam dinas. Rama pun menuturkan bahwa pihaknya tidak akan membatasi jumlah pemohon karena sebelumnya sudah terbagi di masing-masing kantor pelayanan. 

"Saat ini kita punya tiga tempat pelayanan, di Satpas Malang Kota di Satpas Induk, di Mall Araya di satpas corner, nanti juga ada SIM keliling untuk hadir di tengah-tengah masyarakat," ujarnya. 

Khusus untuk pelayanan perpanjangan SIM di bus SIM keliling, di dalam kendaraan hanya bisa menampung dua orang pemohon dan lainnya diharuskan untuk mengantre. 

"Untuk kegiatan di dalam yang bisa masuk hanya dua orang. Untuk cetaknya melaksanakan 100 (SIM, red) kurang lebih per hari. Pembayarannya sama dengan pelayanan di satpas. Di sini ada petugas BRI yang hadir untuk melayani pembayaran. Psikotes juga disediakan," jelasnya. 

Lanjut Rama bahwa rata-rata pemohon pembuatan SIM baru dalam setiap bulan rata-rata sebanyak 400 sampai 500 SIM. "Rata-rata pemohon SIM perbulan, untuk SIM baru rata-rata 400-500 dalam satu bulan. Itu bukan yang harapan masyarakat, tapi yang lulus," imbuhnya. 

Sementara itu, Rama pun menambahkan bahwa selain bus SIM keliling dan mobil samsat keliling, juga terdapat Arema Police Sobo Kelurahan. "Sementara ini harinya Selasa dan Jumat. Semuanya akan datang di satu lokasi, SIM keliling, Arema Police kelurahan, SPKT, SKCK, pelayanan Samsat keliling," pungkasnya.

Topik
Pengurusan SIM satpas dan samsat polresta malang bus SIM keliling perpanjangan SIM

Berita Lainnya

Berita

Terbaru