Gebrakan Ikatan Alumni ITB Jatim Jelang Pemilu IA ITB Pusat

Jan 21, 2021 17:43
Logo Ikatan Alumni ITB Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Logo Ikatan Alumni ITB Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Menjelang gelaran Pemilihan Umum Ketua Umum Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) Pusat, Pengurus Daerah IA ITB Jawa Timur membuat serangkaian gebrakan kegiatan. Gebrakan itu difokuskan pada pengembangan pariwisata, pendampingan pemulihan ekonomi, dan penanganan bencana. 

Bendahara Pengurus Daerah IA ITB Jawa Timur Aida Noviasari menegaskan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan, bahwasanya dalam Pemilu IA ITB Pusat, jajaran Pengurus Daerah IA ITB Jawa Timur akan mendukung penuh seluruh bacalon (bakal calon) yang memiliki profesionalisme tinggi. 

"Memberikan dukungan kepada semua bacalon yang memiliki visi semangat profesionalisme dan lebih mempererat keguyuban alumni ITB. Sehingga memberikan manfaar secara umum bagi bangsa Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima media online ini, Kamis (21/1/2021). 

Selain itu, Pengurus Daerah IA ITB Jawa Timur mendorong penuh kepada semua bacalon agar merangkul seluruh alumni dari berbagai lintas generasi.  "Calon ketua umum hendaknya merangkul semua alumni lintas generasi, utamanya alumni milenial. Hal ini sesuai dengan suasana kebatinan alumni yang berharap adanya sinergi kebersamaan sehingga segenap alumni ITB bisa memberikan manfaat bagi bangsa," terangnya. 

Sementara itu, terkait gebrakan kegiatan yang difokuskan pada beberapa hal, salah satunya di bidang kepariwisataan, Aida mengatakan bahwa IA ITB Jawa Timur giat melakukan urun rembuk untuk pembangunan geopark di kawasan wisata Jawa Timur.  "IA ITB Jawa Timur saat ini sedang giat berpartisipasi urun rembuk dalam pembangunan di Jatim. Di antaranya mendukung geopark Ijen menuju UNESCO Global Geopark dan mempersiapkan geopark Bromo Tengger Semeru (BTS)," tuturnya. 

Pengurus Daerah Bidang Eksternal IA ITB Jawa Timur Bidang Eksternal Imam Mudzakkir juga turut bersuara terkait pendampingan pemulihan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh IA ITB Jawa Timur. Salah satunya di wilayah Kabupaten Situbondo. 

"Kami di IA ITB Jawa Timur tengah fokus melaksanakan program pendampingan masyarakat, utamanya dalam pemulihan ekonomi. Salah satu yang sedang berjalan di Cottok Situbondo," ujar Alumnus Fisika Teknik ITB yang juga kerap  konsentrasi  pada ketahanan pangan itu.

Ketika disinggung apakah IA ITB Jawa Timur juga fokus terhadap penanganan bencana, khususnya di wilayah Malang Raya, Imam menyatakan dengan tegas bahwa segenap anggota IA ITB Jawa Timur siap turun ke lokasi untuk membantu penanganan bencana dan masyarakat yang terdampak.  "IA ITB Jawa Timur siao menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terdampak dan kami akan turun langsung ke warga yang terkena musibah," ujar pria yang juga asli Malang ini. 

Imam menambahkan bahwa IA ITB Jawa Timur juga siap jika diminta bantuan untuk urun rembuk dan memberikan solusi terhadap tata ruang wilayah untuk mencegah terjadinya potensi bencana.  "IA ITB Jawa Timur juga siap bila diminta memberikan masukan terkait tata ruang seiring perkembangan kota yang terpadu, termasuk antisipasi menggunakan EWS (early warning system, red). Kami siap bantu," tandasnya.

Topik
ITB alumni ITB alumni ITB Bandung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru