Dishub Kota Malang akan Fasilitasi Wisatawan dengan Membuat Terminal Wisata Madyopuro

Jan 18, 2021 14:45
Kepala Dishub Kota Malang Handi Priyanto saat ditemui pewarta di Balai Kota Malang, Senin (18/1/2021). 
Kepala Dishub Kota Malang Handi Priyanto saat ditemui pewarta di Balai Kota Malang, Senin (18/1/2021). 

MALANGTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bakal memberikan fasilitas penunjang bagi wisatawan dan pelaku usaha di dunia pariwisata dengan membangun terminal wisata yang terletak di wilayah Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

Kepala Dishub Kota Malang Handi Priyanto mengatakan bahwa inisiatif menggagas Terminal Wisata Madyopuro dikarenakan wilayahnya yang cukup sepi. Serta terdapat keinginan agar perekonomian masyarakat dapat bangkit. 

Lanjut Handi bahwa dengan adanya Terminal Wisata Madyopuro bakal menjadi tempat baru untuk para penyedia paket wisata serta paguyuban Jip untuk berhenti atau istirahat sejenak di kawasan Terminal Wisata Madyopuro nantinya, sambil menikmati fasilitas yang ada. 

"Jadi wisatawan yang mau ke Bromo, biasanya kan kebingungan cari Jip kemana. Biasanya harus ke Poncokusumo dulu atau ke Tumpang. Nah nanti kalau sudah ada Terminal Wisata itu jadi wisatawan enak bisa langsung dari situ ke Bromo," jelasnya kepada awak media, Senin (18/1/2021). 

Terlebih lagi, kata Handi bahwa letak Terminal Wisata Madyopuro nantinya juga bakal diletakkan di sekitaran exit Tol Madyopuro yang itu bakal mempermudah wisatawan dari dalam kota maupun luar kota untuk menikmati wisata yang ada. 

Kedepan intensitas Terminal Wisata Madyopuro juga diharapkan oleh Handi dapat memakmurkan masyarakat serta menyumbang pundi-pundi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Malang. 

Sementara itu, untuk pembangunan Terminal Wisata Madyopuro sendiri disampaikan Handi bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 Milyar. 

"Anggaran sekitar Rp 1 Milyar sudah kita siapkan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, red) 2021," katanya. 

Lanjut Handi bahwa dengan anggaran Rp 1 Milyar, pihaknya juga berharap dapat terlengkapi segala macam fasilitas layanan publik. Seperti musholla, toilet, pujasera, parkiran, serta ruang tunggu yang nantinya disediakan bagi wisatawan yang ingin menuju Gunung Bromo. 

Untuk tahapan yang telah dilakukan oleh Dishub Kota Malang, kata Handi telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat Madyopuro, paguyuban Jip, serta para pejabat Kota Malang yang berkaitan dengan adanya Terminal Wisata Madyopuro. 

"Sosialisasi sudah kita lakukan, apalagi paguyuban Jip di Kota Malang juga banyak dan sudah kita ajak sosialisasi," terangnya. 

Hal tersebut dilakukan oleh Dishub Kota Malang agar mempermudah masyarakat yang ingin berwisata menuju Gunung Bromo dan secara bersamaan juga akan berdampak terhadap keberlangsungan perekonomian masyarakat sekitar, paguyuban Jip serta penyedia paket wisata.

Topik
Dishub Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru