Mengintip Toilet Wisata Terbaik se-Indonesia yang Dipamerkan Sandiaga Uno, Seperti Apa?

Jan 17, 2021 15:36
Menparekraf Sandiaga Uno saat menjajal toilet pariwisata terbaik se-Indonesia. (Foto: Instagram @sandiuno).
Menparekraf Sandiaga Uno saat menjajal toilet pariwisata terbaik se-Indonesia. (Foto: Instagram @sandiuno).

MALANGTIMES - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pamer toilet tempat wisata. Toilet yang dipamerkan itu berada di Mandalika, Lombok, NTB (Nusa Tenggara Barat).

Bahkan, toilet tempat wisata ini diklaim menjadi yang terbaik se-Indonesia lho. Nah, seperti apa potret dari toilet ini?

Baca Juga : Ini Perbatasan Tanah Halal dan Haram di Kawasan Makkah

 

Melalui laman Instagram pribadinya @sandiuno, ia menunjukkan spot-spot fasilitas dan kelengkapan dari toilet tersebut satu persatu.

Mulai dari bagian depan yang dilengkapi kaca rias dan tempat cuci tangan hingga kelengkapan sarana prasarana lainnya. Lantas, apa ya yang membedakan toilet tempat wisata ini dengan toilet umum lainnya?

Ya, toilet ini disebut juga sebagai toilet percontohan. Fasilitas itu dibangun, sebagai salah satu upaya dalam mendukung ajang balap motor kelas dunia MotoGP.

https://www.instagram.com/tv/CKGdbpOh5Yd/?igshid=17eldyz0lyou3

Toilet tersebut, didesain khusus oleh seorang arsitek bernama Hadi Purnomo. Arsitek ini cukup dikenal luas, dan juga yang membangun kantor Bupati Banyuwangi dengan banyak memenangi penghargaan.

Didesain dengan mayoritas warna monokrom, memperlihatkan area toilet yang modern dan artistik persis di sekitar kawasan Pantai Kuta Mandalika.

Di dalamnya, disediakan ruang ganti baju yang dilengkapi dengan loker. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah khususnya kaum perempuan yang ingin ganti baju tanpa repot menenteng tas kemanapun saat berwisata.

Selain ruang ganti baju, toilet itu juga memiliki fasilitas bilas atau shower yang terdapat di dua tempat, yakni di luar ruangan dan di dalam ruangan.

Baca Juga : Mengintip Villa Mewah Milik Syekh Ali Jaber yang Luasnya Berhektare-Hektare

 

Sandiaga Uno rupanya amat mengapresiasi hadirnya toilet pariwisata tersebut. Menurutnya, keberhasilan dari sektor pariwisata juga didasari akan kebersihan dari toilet di area wisata itu sendiri.

"Saya mau perlihatkan toilet pariwisata terbaik se-Indonesia. Tepatnya ada di Pantai Kuta, di kawasan Mandalika, salah satu destinasi super prioritas yang kini sedang kita kembangkan untuk menarik banyak wisatawan dengan agenda acara berkelas MotoGP dan triathlon. Jika kita ingin memperbaiki sektor pariwisata kita, kita mulai dari kebersihan toilet di setiap spotnya," tulisnya.

Di samping, telah memenuhi standar pariwisata internasional, toilet ini juga dinilai ramah lingkungan serta ramah disabilitas.

Hal inilah yang kemudian diharapkan menjadi perhatian tim pariwisata di seluruh Indonesia. Ia bahkan menginstruksikan seluruh jajarannya untuk merapikan Satgas Toilet Nasional, sehingga mereka akan hadir di seluruh wilayah, khususnya destinasi pariwisata nasional.

Sebagai informasi, setelah dilantik menjadi Menparekraf, Sandiaga Uno mendapatkan tantangan khusus untuk memperhatikan hal-hal detail di tempat wisata Indonesia, termasuk toilet. Keinginan itu disampaikan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Hadirnya toilet pariwisata ini menjadi salah satu respon dari Sandiaga Uno atas permintaan Luhut dengan menggandeng Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

Topik
toilet terbaikSandiaga Uno

Berita Lainnya

Berita

Terbaru