Sederet Berita Hoax Terkait Kecelakaan Sriwijaya Air, Foto Bayi Selamat hingga Suara Aneh!

Jan 11, 2021 19:24
Kecelakaan Sriwijaya Air (Foto: Tribunnewsmaker)
Kecelakaan Sriwijaya Air (Foto: Tribunnewsmaker)

MALANGTIMES - Kecelakaan yang dialami pesawat Sriwijaya Air SJ182, Sabtu (9/1/2021) hingga kini masih menyisakan duka. Tim SAR gabungan pun masih terus melakukan evakuasi dalam peristiwa itu.  

Ditemukan beberapa hasil dari evakuasi mulai dari puing-puing pesawat, seperti roda pesawat, badan pesawat, dan Black Box hingga barang-barang yang diduga milik korban.  

Baca Juga : Front Persaudaraan Islam Bakal Temui Rizieq Karena Ada Hal Penting, Apa itu?

Bahkan, terdapat potongan jenazah korban kecelakaan pesawat tersebut yang kini sudah diserahkan ke pihak RS Polri Kramat Jati.  

Dalam peristiwa nahas yang terjadi di perairan Kepulauan Seribu ini, justru membuat beberapa pihak mengambil kesempatan untuk menebarkan berita hoax.  

Berita- berita tersebut dikait-kaitkan dengan peristiwa tenggelamnya Sriwijaya Air SJ182.  Mulai dari beredarnya foto bayi yang selamat dari kecelakaan hingga munculnya suara aneh di sebuah video dari laut.  

Berikut deretan berita hoax yang dikaitkan dengan peristiwa tersebut:

1. Foto bayi selamat

Hoaks, Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air | Republika Online
Foto: Instagram

Beredar foto bayi yang disebutkan ia telah selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ182.  Foto itu bahkan tengah beredar luas di jagad maya Minggu (11/1/2021).  

"BASARNAS, SAR,DAN Team gabungan Angkatan Laut Berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air sj 182. Atas kuasa Allah swt masih selamat dan terombang ambing selama 24 jam di lautan," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Namun, ternyata kabar seorang bayi selamat dari kecelakaan itu adalah tidak benar alias hoax.  

Setelah ditelusuri, foto yang beredar itu merupakan bayi yang selamat dari kapal KM lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar Sulawesi pada Juli 2018 lalu.  

2. Video detik-detik tenggelamnya pesawat

Media sosial juga dihebohkan dengan video amatir detik-detik tenggelamnya pesawat Sriwijaya Air.  Dalam video yang beredar tampak sebuah pesawat warna putih yang terbang di atas lautan hingga jatuh ke laut.  Badan pesawat itu tampak hancur saat menabrak air.  

Video itu bahkan diberi judul "Detik-detik pesawat Sriwijaya jatuh terekam oleh nelayan". Namun setelah ditelusuri, video tersebut tidaklah benar.  

Video itu merupakan kecelakaan pesawat yang terjadi di luar negeri pada 20 Januari 2009 silam.  Sebuah channel YouTube P 145 mengunggah video tersebut dengan judul "Ethiopian Airlines Flight 961".

Lalu ada pula sebuah artikel yang berjudul "23-11-1996: Pesawat Ethiopia Dibajak dan Jatuh di Samudra Hindia".

3. Video dalam pesawat

Image
Foto: TikTok @barnabasccoll

Ada pula video rekaman yang diduga direkam oleh salah satu penumpang di dalam pesawat pada detik-detik sebelum meledak.  Dalam video itu, terdengar seluruh penumpang yang panik sambil mengucapkan takbir "Allahu Akbar".

Tak lama kemudian terdengar suara ledakan dan tiba-tiba video terhenti.  Video itu diunggah oleh akun TikTok @barnabasccoll.  

Melihat video itu, warganet pun lantas beramai-ramai mengatakan jika video itu adalah hoax. Mereka juga heran karena kenapa di dalam pesawat masih bisa menggunakan internet dan semoat mengunggah video itu ke media sosial.

@Bernyanyi: "TOLONG JANGAN BUAT HOAX KASIAN KELUARGA MEREKA YANG SEDANG BERDUKA APA UNTUNGNYA MENYEBAR SEPERTI INI CUMA SEKEDAR MEMBERI TAHU JGN SAMPE JD MASALAH"

@Tedi Laksono: "gw bingung kenapa di dalem pesawat bisa di post Vidio nya kan dia jatoh otomatis hp nya gak ketemu"

@Charestria: "kalo sampe video ini beneran dikirim dari pesawat dengan internet.berarti kesalahan penumpang bs jg. kan pake internet atau wifi di pesawat bisa bikin jatuh"

@M7: "Ini bukan kecelakaan, ini bernama turbulansi, itu juga bukan sriwijaya, lain kali pak, jangan menyebar hoax seperti ini, tar lagi ditemani baju oranye

@Renorizkytama:jangan menambah luka dari keluarga korban,, dengan melihat konten ini.. tidakkah kalian mempunyai rasa iba.. sungguh terlalu"

4. Rekaman kotak hitam atau black box

Image
Foto: TikTok @barnabasccoll

Beredar pula rekaman Black Box yang disebut-sebut dari pesawat Sriwijaya Air SJ182.  Dalam video rekaman yang diunggah akun @barnabasccoll, terdengar suara pilot dan Co-Pilot yang berusaha untuk mengatasi situasi saat itu.  

Kemudian terdengar pula keduanya menyebut takbir "Allahu Akbar" hingga mereka berteriak.  

Pilot: jangan dibelokin nih..

Co-Pilot:...

(Sensor peringatan pesawat berbunyi)

Pilot: ...

Co-Pilot: cap..cap..cap..lihat..lihat..

Pilot: Allahu Akbar..

Co-pilot: Allahu Akbar..

Pilot: Naik..naik..

Co=pilot: ....

Pilot: hhhh...

Co-pilot: Allahu Akbar

Namun, melihat video itu warganet kembali menyebut jika video itu adalah hoax.  Ada yang menjelaskan jika itu adalah rekaman Black Box dari kecelakaan pesawat Lion Air pada 2018 lalu bahkan menyebut Adam Air 2007 silam.  

@ARIS.MS01: "JANGAN SEBAR VIDIO HOAX" ITU BLACK BOX LION AIR 2018 2tahun yg lalu lagian black boxx baru bisa dijual rekamannya setelah 1tahun

Baca Juga : Update Lengkap Hasil Evakuasi Sriwijaya Air SJ182, Puing Pesawat, Korban hingga Black Box

@P O T A T O: "Pliss dehh jangan menyebarkan hoax apa lagi lu ga tau kronoliginya kyk gmn,,, kasian keluarga korban"

@lesleytiktok: "hoak bos, itu mah pesawat jatuh yang di karawang tahun 2018"

@Serahhgg.: "itu black box punya ADAMAIR tahun2007 bukan SJ182 jan nyebar HOAX"

@Xx: "ini BLACK BOX nya Adam Air not SJ182"

4. Suara aneh di dalam laut

Image
Foto: TikTok @putrasiregarofficial

Di media sosial juga beredar rekaman video yang di dalamnya terdengar suara "aneh".  Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok @putrasiregarofficial.  

"Dengarkan baik2 ada SUARA, Suara aneh ketika potongan tubuh di masukkan ke kantong terdengar suara (tolong tubuhku)" begitu tulis keterangan dalam video itu.  

Di video itu, tampak seorang tim SAR yang sedang melakukan evakuasi di dalam laut.  Tampak seorang tim SAr yang memasukkan potongan jenazah ke dalam karung.  Lantas terdengar suara minta tolong.  

Tak ayal, lagi-lagi video itu langsung diserang warganet. Pemilik akun dituding telah menebar hoax. 

@LalaaIDPS: "Itu vdeo lion air ya..Klo Sriwijaya blm di pastiin eh..hati" lo ngasih berita nnti Lo bisa knp pasal dn di penjara"

@centang biru: "itukan di dalam air mana bisa bicara membuka mulut,yang ada airnya masuk,,,,,kemungkinan itu suara lumba-lumba who know"

@Tim Suho - Seojun: "ITU VIDEO YG TRAGEDI LION AIR 2018 WOY!!!"

@Alvinnovv: "woi lihat tuh aslinya di YouTube Niteni tv ketinggalan jaman #jangan hoax ini bukan tragedi Sriwijaya"

@Danu Skk: "HOAX WOY ITU LION AIR"

Ada pula warganet yang terbawa suasana dan turut menjelaskan suara yang mereka dengar.

@kang.halu:"ohh tubuhku"mungkin kesakitan atau seneng tubuh nya di angkat merinding bangettt"

@URT TGN STRDSTARMY:"jelas banget gitu, "ohhh tubuhku" merinding"

Topik
kecelakaan sriwijaya airPesawat Sriwijaya Air jatuhviral pesawat jatuh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru