Sepuluh Kabupaten Tersepi di Indonesia, Mana Saja?

Jan 09, 2021 08:48
Tampak atas lkondisi Kabupaten Mamberamo Raya di Provinsi Papua. (Foto: gpriority.com) 
Tampak atas lkondisi Kabupaten Mamberamo Raya di Provinsi Papua. (Foto: gpriority.com) 

MALANGTIMES - Indonesia terkenal dengan luas daratannya yang mencapi 1.922.570 kilometer persegi ditambah luas perairan  3.257.483 kilometer persegi serta berpenduduk 270.054.853 jiwa.

Di atas wilayah seluas itu, ada 514  kabupaten dan kota. Namun, dari ratusan  kabupaten dan kota tersebut, ada  10 wilayah kabupaten dengan penduduk tersepi di Indonesia. 

Dilansir dari channel YouTube Angka dan Data Channel dengan judul "Penduduknya Jarang Terlihat dan Tak Punya Tetangga, 10 Kabupaten tersepi", disebutkan 10 kabupaten berpenduduk paling sepi. Penentuan kategori tersepinya pun menggunakan rumus  total penduduk dibagi luas wilayah. 

1. Kabupaten Mamberamo Raya

Kabupaten tersepi pertama adalah Kabupaten Mamberamo Raya yang terletak di wilayah Provinsi Papua. Ibu kota  kabupaten ini bernama Burmeso. 

Baca Juga : Mengharukan, Begini Kisah Budak yang Mampu Turunkan Hujan Saat Paceklik Melanda Tanah Suci Makkah

Kabupaten Mamberamo Raya memiliki luas wilayah 23.813,91 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 22.313 jiwa pada tahun 2017.  Bahkan luas Kabupaten Mamberamo Raya ini mengalahkan luas provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat).

 Akibat jumlah penduduk yang sangat sedikit dan wilayah yang begitu luas, rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Mamberamo ini hanya satu jiwa per kilometer persegi. 

2. Kabupaten Malinau

Di posisi kedua terdapat  Kabupaten Malinau  di Provinsi Kalimantan Utara. Ibu kota kabupaten ini di Malinau Kota. 

Malinau memiliki wilayah yang sangat luas, bahkan mengalahkan luas wilayah Provinsi Jawa Tengah, yakni 42.620,70 kilometer persegi. Namun, kabupaten luas ini hanya ditempati penduduk berjumlah 80.618 jiwa tahun 2016. Sehingga rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Malinau hanya dua jiwa  per kilometer persegi. 

3. Kabupaten Mahakam Ulu

Posisi ketiga terdapat Kabupaten Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota Mahakam Ulu di Ujoh Bilang. 

Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat. Kabupaten Mahakam Ulu memiliki jumlah penduduk 30.321 jiwa dengan luas wilayah 15.315 kilometer persegi. 

Luas Kabupaten Mahakam Ulu ini mengalahkan luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Sehingga, rata-rata kepadatan penduduknya hanya dua jiwa  per kilometer persegi. 

4. Kabupaten Boven Digoel

Di posisi keempat terdapat Kabupaten Boven Digoel  di Provinsi Papua dengan ibu kota Tanah Merah. Kabupaten Boven Digoel memiliki jumlah penduduk 67.717 jiwa pada tahun 2018 dengan luas wilayah 27.108,29 kilometer persegi. 

Satu wilayah Kabupaten Boven Digoel mengalahkan luas satu wilayah Provinsi Bengkulu. Jadi, rata-rata kepadatan penduduk mencapai tiga jiwa saja per kilometer persegi. 

5.  Kabupaten Sarmi

Posisi kelima adalah Kabupaten Sarmi  di Provinsi Papua dengan ibu kota Sarmi. Memiliki jumlah penduduk 38.210 jiwa pada tahun 2019 dengan total luas wilayah sebesar 13.965,58 kilometer persegi, rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Sarmi hanya tiga jiwa per kilometer persegi. 

6. Kabupaten Tambrauw

Di posisi keenam terdapat Kabupaten Tambrauw  di Provinsi Papua Barat dengan ibu kota Fef. Kabupaten Tembrauw merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong. 

Memiliki jumlah penduduk sebanyak 32.027 jiwa pada tahun 2019 dengan luas wilayah sebesar 11.529,18 kilometer persegi, rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Tembrauw hanya tiga jiwa per kilometer persegi. 

7. Kabupaten Waropen

Di posisi ketujuh terdapat Kabupaten Waropen yang terletak di Provinsi Papua dengan ibu kota Botawa. Jumlah penduduk di Kabupaten Waropen mencapai 30.612 jiwa pada tahun 2018.

Baca Juga : Mengharukan, Beginilah Cara Orang Palestina Menghormati Bendera Merah Putih

Luas Kabupaten Waropen melebihi luas satu wilayah Provinsi Banten, yakni 10.847,91 kilometer persegi. Sehingga, rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Waropen hanya tiga jiwa per kilometer persegi. 

8. Kabupaten Kaimana

Posisi kedelapan adalah Kabupaten Kaimana yang terletak di Provinsi Papua Barat dengn ibu kota Kaimana. Jumlah penduduk di kabupaten yang populer lewat lagu “Senja di Kaimana” ini sebanyak 58.404 jiwa pada tahun 2018 dengan luas wilayah sebesar 18.500 kilometer persegi. Jadi, rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Kaimana hanya empat jiwa per kilometer persegi. 

9. Kabupaten Mappi

Di posisi kesembilan terdapat Kabupaten Mappi di Provinsi Papua dengan ibu kota  Kepi. Jumlah penduduk di Kabupaten Mappi sebanyak 99.599 jiwa pada tahun 2018 dengan luas wilayah mencapai 28.518 kilometer persegi. Sehingga, rata-rata, jumlah kepadatan penduduk di Kabupaten Mappi hanya empat jiwa per kilometer persegi. 

10. Kabupaten Teluk Wondama

Urutan kesepuluh terdapat Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat dengan ibu kota Rasiei. Jumlah penduduk di Kabupaten Teluk Wondama mencapai 54.148 jiwa  tahun 2019 dengan menempati luas wilayah sebesar 14.953,8 kilometer persegi. Sehingga rata-rata kepadatan penduduk di Kabupaten Teluk Wondama sebanyak empat jiwa per kilometer persegi. 

 

Topik
Kabupaten Tersepi di IndonesiaKabupaten paling sepidaerah paling sepi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru