Tinjau Lokasi Banjir Bandang, Bupati Sanusi Pantau Normalisasi Sungai Klethek

Jan 08, 2021 16:34
Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui pewarta di lokasi Sungai Klethek, Dusun Simo, Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jumat (8/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui pewarta di lokasi Sungai Klethek, Dusun Simo, Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jumat (8/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES -  

Bupati Malang Sanusi bergerak cepat merespons banjir bandang yang menyebabkan aliran Sungai Klethek tertutup puing-puing kayu di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang. Sanusi meninjau sungai yang tertutup material kayu pada, Jumat (8/1/2021). Dia pun minta pelaksanaan normalisasi bisa dilakukan dengan cepat. Dengan demikian, material penutup sungai bisa segera diangkat semua.

"Puing-puing kayu yang menyumbat ini dikeruk saja. Nggak usah dibangun lagi, karena jembatannya bagus tidak ambrol," kata Sanusi saat dikonfirmasi pewarta di lokasi banjir bandang Sungai Klethek, Jumat (8/1/2021). 

Baca Juga : Hampir Setiap Hari, Bencana Musim Hujan Terjadi di Kota Batu

lokasi-Sungai-Klethek-Dusun-Simo-Desa-Sidodadi-Kecamatan-Ngantang-Kabupaten-Malang-2de29fdf12bdfcafa.jpg

Selain meminta segera dilakukan pengerukan, Sanusi juga menyampaikan kegiatan normalisasi. "Nanti kita lihat arus sungai dan segera dilakukan normalisasi lagi. Kita telah menerjunkan alat berat untuk pengerukan dan normalisasi arus sungai agar lancar dan bagus lagi," jelasnya. 

Dalam kunjungannya Sanusi didampingi Muspika (musyawarah pimpinan kecamatan) Ngantang serta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang.

Sementara itu, di lokasi yang sama Camat Ngantang, Taufik mengatakan bahwa puing-puing kayu yang berada di Sungai Klethek merupakan sisa-sisa dari bencana Gunung Kelud pada tahun 2014. 

"Ini puing-puing kayu mati yang berserakan, sisa-sisa dari peristiwa Gunung Kelud tahun 2014. Lalu karena hujan sangat deras, akhirnya terbawa arus bersama material pasir bersama air sungai hingga ke pemukiman," terangnya. 

Sementara itu, untuk pengerukan puing-puing kayu sendiri dari pantauan pewarta, terdapat satu eskavator yang dioperasikan untuk melakukan normalisasi arus Sungai Klethek. 

lokasi-Sungai-Klethek-Dusun-Simo-Desa-Sidodadi-Kecamatan-Ngantang-Kabupaten-Malangb36eafc8d57b24aa.jpg

Selain itu, masyarakat juga bahu-membahu membantu melakukan normalisasi Sungai Klethek agar arus sungai dapat mengalir dengan lancar dan kondisinya juga tampak indah disambut dengan pemandangan bukit dan pegunungan.

Baca Juga : Terpeleset saat Cari Ikan di Sungai Lesti, Bocah Turen Ditemukan Tak Bernyawa 

 

Untuk diketahui, banjir bandang terjadi di Ngantang. Kejadian itu dipicu hujan sangat deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Ngantang tepatnya di wilayah Dusun Simo, Desa Sidodadi sejak hari Kamis (7/1/2021). 

Topik
Berita MalangBupati Sanusibanjir bandang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru